Honda CB1100 Final Edition, Salam Perpisahan Mesin Besar Pendingin Udara

Honda CB1100 Final Edition, Salam Perpisahan Mesin Besar Pendingin Udara Sumber Foto : Honda Japan

KabarOto.com – Pada awal September lalu, Honda Jepang merilis sebuah teaser mengenai model terakhir alias perpisahan salah satu produk big bike mereka.

Dalam teaser tersebut, pihak pabrikan merilis Honda CB1100 series yang terdiri dari CB1100 EX Final Edition 2022 dan CB1100 RS Final Edition 2022.

Baca Juga : Honda CB500X Disematkan Fitur Baru, Harga Rp192 Jutaan

Teaser

Salah satu yang spesial dari motor ini adalah hadir dengan mesin berkapasitas besar lebih dari 1.000 cc dan berpendingin udara. Yup, Honda CB1100 masih menggunakan mesin yang sangat simpel dan tanpa radiator. Namun, mesin tersebut belum mendapatkan pembaruan secara menyeluruh untuk bisa lolos dari standarisasi emisi gas buang Euro 5.

Secara tampilan, CB1100 RS Final Edition tetap hadir dengan desain klasik yang mewarisi gaya seri CB. Bergaya cafe racer dan menggunakan tekstur metalik dan gaya sporty. Kesan ini didesain ulang dengan kehadiran sistem pencahayan baru yang sudah LED.

Baca Juga : Sejarah Honda Gold Wing, Motor Touring Ikonik dari Jepang

Classic Red

Hal tersebut merupakan penggabungan teknologi generasi baru dengan elemen klasik yang merupakan penghormatan ke motor yang sudah berusia lama.

Perihal bagian setang lebih rendah dengan garis tangki bahan bakar berkapasitas 16,8 liter ini menghadirkan gaya cafe racer. Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, suspensi depan menggunakan Showa 43 mm dengan preload yang dapat disesuaikan. Sedangkan suspensi belakang menggunakan Showa adjustable preload.

Bagian pelek multipalang ukuran 17 inci dibalut ban ukuran 120/70 R17 untuk depan dan belakang 180/55 R17. Pelek disandingkan dual cakam ukuran 296mm berkaliper rem empat piston sedangkan belakang cakram tunggal 256 mm berkaliper piston tunggal.

Baca Juga : Honda XRE 300 Suguhkan Penyegaran

Bicara soal performa, CB1100 Final Edition ini dibekali mesin 4 silinder berkapasitas 1.140 cc DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 88 dk pada 7.500 rpm dengan torsi 93 Nm pada 5.000 rpm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan.

Honda menghadirkan dua pilihan warna yaitu Red dan Blue saja. Keduanya nampak keren dengan kombinasi pelek warna emas kecoklatan dan jok kulit berwarna coklat.

Bicara soal harga, sayangnya pihak pabrikan belum menyinggung nih Sob. Jadi kita tunggu saja harga dari motor perpisahan ini!