POPULAR STORIES

Sejarah Honda Gold Wing, Motor Touring Ikonik Dari Jepang

Sejarah Honda Gold Wing, Motor Touring Ikonik dari Jepang Honda Gold Wing 2021 (Foto: HOnda)

KabarOto.com - Motor besar asal Jepang yakni Honda Gold Wing, merupakan merek yang ikonik di kalangan penggemar motor besar. Aktivitas touring dengan motor tersebut terasa nyaman dan mewah, di Indonesia banderol motor tersebut bisa menyentuh angka hingga Rp 1,2 miliar.

Meski belum sempat memiliki motor ini, namun ada baiknya mengetahui sejarah Honda Gold Wing.

Dimulai pada 1972, Honda meminta Soichiro Irimajiri dan teamnya, yang mahir mengembangkan mesin 5 dan 6 silinder untuk motor balap Honda, diminta untuk membuat motor Grand Touring.

Baca juga: Honda Gold Wing Tambah Fitur Baru Untuk Kenyamanan Pengendaranya

Purwa rupa Honda Gold Wing dengan nama Honda M1 (Foto: Istimewa)

Mereka berhasil membuat sebuah motor konsep bernama Honda M1, dibekali mesin 6 silinder horizontal dengan shaft drive atau as roda sebagai penggerak, bukan rantai. Motor ini tidak diproduksi massal, namun teknologi serta desainnya menjadi basis pengembangan Honda Gold Wing.

Honda GL1000 Gold Wing generasi awal pun dibuat pada 1975, modelnya tidak seperti yang kita lihat saat ini, motor bodi besar memiliki setang lebar dengan boks di kanan dan kiri serta windshield. Melainkan motor retro klasik mirip Honda GL100. Kapasitas mesinnya 1.000 cc, 4 langkah, konfigurasi 4 silinder horizontal, dengan pendingin radiator.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 78 dk. Dengan berat 265 kg, didesain sebagai Grand Tourer, tapi generasi pertama ini belum dibekali boks di kiri kanan hingga windshield.

Honda Gold Wing generasi pertama pada 1975 (Foto: Istimewa)

Pertama kali langsung diperkenalkan di luar negara Jepang, yakni Cologne Motorcycle Show 1974. Mendapatkan respon positif dan menjadi model populer di Amerika Utara, Eropa, Australia bahkan Jepang sendiri. Penjualannya sempat menyentuh angka 640.000 unit, yang sebagian besar disumbangkan pasar Amerika Serikat.

Berita Terkait

Berita Terkait