POPULAR STORIES

Honda Civic Ferio Ini Jadi Proyek Nostalgia Zaman Sekolah

Honda Civic Ferio Ini Jadi Proyek Nostalgia Zaman Sekolah Foto: Kipli

KabarOto.com - Orang yang suka modifikasi memang gatal jika melihat mobil dalam kondisi standar. Asal disalurkan ke hal yang positif, tentu saja karya yang dihasilkan pun berfaedah.

Contohnya Akbar Hariady yang enggak segan-segan merombak sebuah Civic Ferio kelahiran 1997, alasannya biar bisa dipakai harian dan tak bikin malu buat ikut ngebut bareng sohib-sohibnya.

“Awalnya enggak niat rombak mobil sampai begini, soalnya dulu pas dapet masih ori banget, cuma sempat gue ganti lowering kit Tein sama pelek Gab Sports,” ujar Akbar, panggilan akrabnya.

Seiring waktu berjalan, akhirnya cowok yang hobi utak atik mobil ini, memutuskan untuk mencat ulang Honda Ferio miliknya menggunakan warna Adriatic Blue Pearl, pemilihan unik mengingat warna tersebut tergolong jarang diaplikasikan di mayoritas mobil.

Baca Juga: Modifikasi Honda Jazz Asal Depok Ini Totalitas Banget, Intip Yuk!

Kelar urusan cat, ia akhirnya beralih ke sektor dapur pacu. Pria berusia 29 tahun berniat mempertahankan tipe mesin SOHC, namun mengganti cylinder head dengan performa yang mantap di lini D-series keluarga Ferio. “Dimulai dari swap cylinder head pake punya D16Y8 VTEC murni alias VTEC performance, karna ferio lokal basisnya cuma VTEC-E untuk penggunaan harian saja bukan buat performance,” jelasnya.

Penyempurnaan campuran bahan bakar dan udara, Akbar memasang sendiri piggyback APEXi VAFC2 sekaligus AFR gauge dari AEM biar mesin tak berada di zona lean ataupun rich yang sama-sama tak efisien bagi mesin jika dibiarkan berangsur-angsur.

Baca Juga: Intip Yuk, Mercedes-Benz C230 Wagon Ala Anak Kampus

Setting-an timing pun dibuat mudah berkat penggantian pulley dari Works, yang punya mekanisme adjustable atau bisa digeser sesuai kebutuhan.

Masuk ke sektor kabin, cowok yang bermukin di kawasan Ciledug, Tangerang ini juga enggak tanggung untuk menggusur piranti Ferio bawaan dengan milik Civic EK built-up agar terasa makin kental aura JDM-nya.

Baca Juga: All New Suzuki Jimny 2019 – Pertama Pakai Audio Bening

Sebut aja spidometer, sun visor, coin holder, cup holder, dan detail lain yang harus ekstra sabar buat cari karena masuk ke kategori rare. “Gue juga ganti jok pake Recaro SR2 supaya pas seat positioning-nya, setir pake Momo Monte Carlo karena ini setir juga dipake sama tuner Spoon Sports, dan dipegang nya juga enak grip nya pas banget,” ujar cowok yang tergabung di tim Jakarta Meet Up ini.

“Gue akhirnya berpikir untuk jual 2 mobil gue sebelumnya dan putuskan ambil Ferio karna basic-nya banyak persamaan sama Civic Genio gue dulu,” ujarnya.

Wah enggak bisa move on dari sedan rupanya, doi. Semoga tetap terawat ya!


Spesifikasi

Mesin

Blok F16/D16
Cylinder head P2J D16Y8 (port n polish By dewi motor)
Air intake AEM
Air filter APEX
Cam gear adjustable Works
Fuel pressure regulator SARD
Kabel busi NGK power cable
Piggyback APEXi VAFC2
AFR meter AEM
Spoon Sports engine mount
4-2-1 custom header
Fujitsubo RM01A muffler
Skunk2 short shifter

Eksterior

Adriatic Blue Pearl
OEM civic ek front lip
OEM civic ek fog lights
OEM civic ek civc ferio decal
OEM civic ek hatch front grille single line

Interior

Rearo SR2 seats
MOMO Monte Carlo steering wheel
OEM EK3 speedometer cluster
OEM EK9 sun visor
OEM EK4 cup holder
OEM EK9 coin holder
OEM Honda Access emergency flare
Pivot shift knob

Kaki-kaki

Pelek Rays GramLights 57c 16 x 7
Ban Toyo Proxes R1R 205/45r16
Lug nut Rays hyper nut
Coilover DRS
LCA HardRace
Front body bar/strut bar OEM EK9
Rear strut bar cusco
Rear tie bar cusco
Apex braided brake lines

Workshop:

Ompong Garasi Kavling 56
Dewi Motor BTC, Bintaro