POPULAR STORIES

Honda Dan Sony Sepakat Kerjasama Produksi Mobil Listrik

Honda dan Sony Sepakat Kerjasama Produksi Mobil Listrik Sony Vision-S 02 (Dok: Sony)

KabarOto.com - Honda menandatangani nota kesepahaman dengan Sony untuk mendirikan usaha patungan dengan tujuan mengembangkan, memproduksi, dan menjual mobil listrik.

Perusahaan hasil kerjasama ini akan diresmikan pada tahun 2022, dan mobil listrik pertama diharapkan dijual pada tahun 2025. Di mana, aliansi tersebut akan memanfaatkan kemampuan pengembangan mobilitas Honda, teknologi pembuatan bodi kendaraan, dan pengalaman manajemen layanan purna jual.

Kenichiro Yoshida, Representative Corporate Executive Officer, Chairman, President and CEO, Sony Group Corporation mengatakan, “Melalui aliansi dengan Honda, yang telah terakumulasi secara luas pengalaman global dan pencapaian dalam industri otomotif selama bertahun-tahun dan terus membuat kemajuan revolusioner di bidang ini.”

Baca juga: Gambar Paten Honda CR-V Generasi Keenam Bocor Di Dunia Maya

Dengan kata lain, Honda tidak hanya akan memproduksi kendaraan di pabriknya sendiri, tetapi juga akan berperan aktif dalam desain dan pengembangan model produksi. Adapun Sony, akan berkontribusi dengan keahliannya dalam pengembangan dan penerapan teknologi pencitraan, penginderaan, telekomunikasi, jaringan, dan hiburan, sekaligus jawab atas platform layanan mobilitas baru.

Sebagai informasi, Sony meluncurkan sedan Vision-S 01 di CES 2020 dan SUV Vision-S 2 di CES 2022. Kedua konsep tersebut dibuat oleh Magna Steyr, dengan mitra pengembangan termasuk Bosch, Valeo, dan Almotive.

Baca juga: Bisa Refund, Ini Harga Baru Honda Brio Dan Mobilo Setelah Dikenakan PPnBM DTP

Sony telah mengumumkan pendirian Sony Mobility Inc pada tahun 2022 dengan tujuan menjajaki masuk ke pasar EV dan mencari mitra. Tampaknya rencana itu berjalan dengan baik untuk raksasa teknologi itu karena Honda terdengar seperti pilihan yang bagus untuk usaha patungan.

Sementara itu, Toshihiro Mibe, Director President, Representative Executive Officer dan CEO, Honda Motor Co., Ltd. Mengatakan, “Melalui perusahaan baru ini. kami akan berusaha untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi, evolusi, dan perluasan mobilitas di seluruh dunia, dengan mengambil dan pendekatan ambisius untuk menciptakan nilai yang melebihi harapan dan imajinasi pelanggan.”