POPULAR STORIES

Honda Dan Toyota Recall Cacat Airbag Mencapai Jutaan Unit Kendaraan?

Honda dan Toyota Recall Cacat Airbag Mencapai Jutaan Unit Kendaraan? Inilah yang terjadi di Amerika Serikat mengenai Recall Airbag kendaraan Honda dan Toyota (Foto: ajw.asahi.com)

Mobil Honda dan Toyota di Amerika Serikat menambah jumlah kendaraan menjadi sekitar dua juta unit yang mengalami recall akibat cacat airbag.

Seperti berita yang dilansir dari Associated Press, tertulis bahwa Honda dan Toyota di Amerika Serikat menambah jumlah kendaraan menjadi sekitar 2 juta unit yang mengalami 'recall' akibat cacat pada komponen airbag. Recall ini dilaksanakan setelah sebelumnya diberitakan terjadi cacat pada komponen inflator dan propelan pengembang airbag yang membuat airbag tidak dapat mengembang sempurna pada saat terjadi kecelakaan frontal sehingga dapat mengakibatkan kematian penumpang maupun pengemudi.

Misalnya, pada bulan lalu, Takata selaku produsen komponen Airbag terus ditekan oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional Amerika Serikat (NHTSA) agar terus melakukan pemeriksaan ulang dan penggantian komponen yang cacat tersebut.

Pada kendaraan yang diproduksi oleh Toyota, tercatat sekitar 2.9 juta unit kendaraan yang menjalani proses recall seperti Toyota Corolla dan Toyota Matrix tahun produksi 2003-2007, Toyota Tundra tahun produksi 2005-2006, Toyota Sequoia tahun 2005-2007 dan Lexus SC430 convertible tahun 2003-2007.

Sedangkan pada Honda yang mengalami recall terbanyak pada unit Honda Civic dan Honda Accord yang merupakan sedan nomor 2 dan 3 yang paling laku di AS pada tahun produksi 2003-2007 setelah sebelumnya tercatat telah terjadi 7 kecelakaan fatal akibat cacat airbag di rentang tahun
2003-2007.

Seperti yang dikutip dari  ajw.asahi.com, Takata selaku produsen komponen airbag tersebut masih terus melakukan penyelidikan mengenai cacat komponen tersebut dengan pengawasan dan bantuan dari Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional Amerika Serikat (NHTSA). Komponen airbag yang diproduksi oleh Takata sendiri telah digunakan oleh 11 pabrikan kendaraan di Amerika serikat dengan berbagai jenis dan model kendaraan. Bagaimana dengan Indonesia? (dru)

Baca Juga: