POPULAR STORIES

Honda Dan Universitas Indonesia Kerjasama Riset Teknologi Elektrifikasi

Honda dan Universitas Indonesia Kerjasama Riset Teknologi Elektrifikasi Kerjasama Honda dan UI (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) menjalin kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam bidang edukasi dan riset teknologi eletrifikasi. Di mana, HPM akan meminjamkan dua unit Honda e, satu Honda PCX Electric dan satu power product Honda's LiB-AID E500 selama tiga bulan.

Honda juga mendonasikan satu unit Brio sebagai alat penelitian untuk mahasiswa Teknik UI. Selain itu, sebagai bagian dari transfer pengetahuan, Honda memberikan kelas edukasi dan workshop kepada mahasiswa UI selama tiga tahun di HPM.

Tidak hanya berhenti pada penyediaan produk ramah lingkungan, Honda juga turut mendukung tim mahasiswa Universitas Indonesia dalam kegiatan rancang bangun kendaraan hemat energi di ajang Shell Eco Marathon Asia 2023 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok pada tanggal 4-9 Juli 2023.

Baca Juga: Honda Jual 11.391 Unit Mobil Selama Mei 2023

Dua unit Honda e dipinjamkan ke UI selama 3 bulan

Kotaro Shimizu selaku President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan bahwa, “Kerjasama ini merupakan jembatan antara industri dan akademisi dalam mewujudkan elektrifikasi di Indonesia melalui edukasi dan riset."

Honda berkomitmen untuk mengatasi masalah lingkungan dan energi global dengan berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Honda akan menghadirkan produk ramah lingkungan melalui mobil hybrid yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Visi yang sama juga dimiliki oleh Universitas Indonesia, di mana saat ini UI merupakan peringkat pertama di Indonesia dalam UI GreenMetric, sebagai universitas yang mengedepankan penghijauan melalui berbagai program ramah lingkungan yang meliputi seluruh aktivitas. UI GreenMetric merupakan gerakan yang diinisiasikan oleh Universitas Indonesia untuk memeringkatkan penghijauan di lingkungan universitas.

Baca Juga: Modifikasi Honda Jazz GE8, Gunakan Bodi Kit JDM Orisinal

HPM mendonasikan Honda Brio ke Universitas Indonesia

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA selaku Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia mengatakan bahwa, “Upaya mengurangi emisi ini salah satunya ditempuh dengan menerapkan solusi transportasi berkelanjutan, melalui promosi transportasi umum, penggunaan sepeda atau berjalan kaki, serta penciptaan kendaraan listrik."

Sebelumnya, Honda telah menghadirkan pengalaman Honda e:Technology, yang merupakan inisiatif Honda untuk seluruh produk elektrifikasinya yaitu Honda Automobile, Honda Motorcycle dan Honda Life Creation untuk Power Product lainnya.