POPULAR STORIES

Modifikasi Honda Jazz GE8, Gunakan Bodi Kit JDM Orisinal

Modifikasi Honda Jazz GE8, Gunakan Bodi Kit JDM Orisinal Modifikasi Honda Jazz GE8 Sarat Akan Parts JDM Orisinal (Kipli)

KabarOto.com - Jika ada yang lebih menarik dari sekedar hobi, tentunya telah dilakoni oleh pemilik Honda Jazz GE8 berkelir merah ini. Pasalnya, pria bernama Yanto Sutano sudah bertahun-tahun menggeluti dunia modifikasi, dan sekarang ia gencar mengajak penggemar modifikasi di kotanya untuk melakukan modifikasi proper.

Sesuai prinsipnya, yakni 'form follows function' atau modifikasi yang diterapkan tak sekadar gaya, namun berfungsi secara optimal.
Nyatanya, punggawa workshop GS Motor di kawasan Gedong Sawah Bogor, Jawa Barat ini, memang bukan isapan jempol belaka karena ia sudah implementasi di besutannya sendiri.

Tengok saja parts yang menempel di city car keluaran 2010 ini, disematkan body-kit orisinal Mugen RS JDM version, membuat penampilan tambah manis namun tidak berlebihan, seperti mayoritas body-kit yang dijual bebas.

Baca Juga: Modifikasi Speaker Hedon Rp450 Juta Di Honda Odyssey RB3, Rombakan Nyaris Rp3 Miliar

“Bodykit orisinal akan menempel sempurna ke semua panel body tanpa perlu ada fitting yang menyita waktu (plug and play), kemudian finishing nya akan berbeda jauh, koefisien drag pasti kecil walau ini bukan mobil balap,” jelas Yanto.

Sektor lain yang membuat estetika mobil terdongkrak tentu aja bagian pelek, kebetulan penggemar kuliner nasi padang ini juga menjatuhkan pilihan pada model SSR GTV 02 berdiameter 17 inci, dengan lebar 7, hasil berdiskusi dengan Ryan Melano punggawa Antelope Ban, Bogor, Jawa Barat.

Rasanya, sudah menu wajib bagi dirinya untuk sedikit membuat mobilnya pendek, lewat substitusi per Tein tipe S-Tech agar tak kelihatan 'cingkrang' dan lebih manis dipandang.

Baca Juga: Modifikasi Toyota MR2 SW20 1993, Nyaman Dan Kencang

Masuk ke kabin, cowok berkacamata ini sudah mempensiunkan jok standar GE8-nya digantikan sepasang Recaro SR3 Millenium. Juga tak ketinggalan, jok belakangnya yang sudah di retrim senada warna dominan dari mobilnya pakai material MB Tech.

Ia juga doyan ganti pernik aftermarket parts, seperti stoplamp yang sudah pakai OEM Honda Fit JDM dan katanya Yanto juga sedang menunggu beberapa parts lain terpasang, seperti setir original Momo Mugen version III sekaligus pedal setnya, “Pengin sedikit oprek mesin juga sih hehe,” bisiknya.

Yang jelas, Yanto doyan modifikasi simpel menggunakan parts ori dari JDM, karena menurutnya justru menguatkan karakter berkelas dari mobil ini sendiri, “berkaca dari pengalaman bertahun tahun memakai produk non-ori serta build quality yang kurang baik, contohnya body-kit terkena aspal atau lubang di jalan akan langsung rusak.

Masalah kemudian muncul ketika harus memperbaikinya, yaitu kita harus mengeluarkan biaya yang lebih besar ketimbang sekalian beli produk orinya,” tutupnya.

Nah, banyak pelajaran yang bisa dipetik ya!

Spesifikasi

Body-kit Mugen RS JDM version

Pelek SSR GTV 02 17x7 et 42

ban Continental Contimax Contact MC5 215/45/17

per Tein S-tech

jok depan Recaro SR3 Millenium

jok belakang retrim MB Tech

stoplamp Honda Fit original JDM version