POPULAR STORIES

Honda Hentikan Penjualan Mobil Bermesin Diesel Mulai 2021 Mendatang

Honda Hentikan Penjualan Mobil Bermesin Diesel Mulai 2021 Mendatang

KabarOto.com – Secara resmi Honda mengumumkan akan berhenti menjual mesin diesel di Eropa mulai 2021 mendatang, pihak Honda nantinya akan fokus untuk pengembangan mesin hybrid dan listrik, target Honda akan membuat semua model menjadi listrik mulai pada 2025 nanti.

Dilansir dari carscoops, pabrikan asal Jepang ini sudah mempunyai rencana jangka panjang dengan membuat mobil listrik untuk semua model hingga tahun 2030 mendatang. Selain itu, Honda harus menghentikan mesin diesel karena peraturan emisi sudah semakin ketat.

Sekarang pembuangan untuk kendaraan menurun menjadi 95 g/km untuk semua mobil baru yang dijual di Eropa, sedangkan sebelumnya turun menjadi 120.5 gr/km, aturan baru tersebut akan mulai berlaku untuk mobil baru di Eropa mulai 2021 nanti.

Honda CR-V bermesin diesel

Teknologi VTEC maupun i-VTEC dari Honda merupakan teknologi yang terkenal, apalagi penggemar pabrikan asal Jepang ini. publik Tanah Air juga tentunya tidak asing dengan teknologi katup variabel tersebut. Tetapi Honda punya satu lagi nih untuk mesin diesel yaitu i-DTEC, asing dengan teknologi ini? Jelas karena teknologi ini tidak ada di Indonesia.

Baca juga: Bocor Tampang Honda Jazz Terbaru

Sedikit membahas teknologi ini, sebenarnya i-DTEC merupakan istilah keren dari teknologi diesel Honda yang bermesin seri N. Mesin N-Series merupakan mesin diesel pertama Honda untuk mobil penumpang. Mesin ini menggunakan 4 silinder dengan comon rail direct injection yang dipantenkan oleh Honda dengan nama iCTDi (Intelligent Common-rail Turbocharged Direct Injection).

Ada beberapa seri mesin dari N-Series Honda yang sudah ada yaitu N16, N16A1, N22A, N22B dan N22B2. Sesuai kodenya, N16 berarti menggunakan mesin 1.600 cc diesel sedangkan N22 mennggunakan konfigurasi 2.200 cc diesel. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Honda bakal menghentikan mesin i-DTEC mulai 2021 mendatang, beralih ke mesin yang lebih ramah lingkungan yaitu hybrid dan listrik.

Dengan ditingalkannya varian mesin i-DTEC, Honda klaim bahwa jumlah varian mobil mereka akan terpotong sebanyak 1/3 dari total yang masih eksis sekarang. Beberapa mobil Honda yang masih menggunakan mesin i-DTEC antara lain adalah Honda Accord yang menggunakan mesin N22B2 bertenaga 180 dk dan torsi 380 Nm. Lalu Honda CR-V menggunakan mesin N22B, Honda Civic FK3/FN3 menggunakan mesin berkode N22A, serta beberapa model lainnya.

Salah satu inovasi i-DTEC dengan menggunakan blok mesin alumunium, diesel particulate filter, idle stop system, exhaust gas recrulation system dan penggunaan intercooler berukuran kecil.

Jadi bagaimana Sobat KabarOto dengan rencana Honda yang akan fokus membuat mobil hybrid dan listrik? (Rizky Hidayat)