Honda Indonesia Siap Turunkan Harga Civic Turbo, Asal...

Honda Indonesia Siap Turunkan Harga Civic Turbo, Asal... New Honda Civic Turbo sedan (Deni/KO)

KabarOto.com - Honda Civic menjadi salah satu model terbaik Honda di Indonesia. Kiprahnya sendiri sejak tahun 1972 di Tanah Air, dan tercatat cukup mendapatkan animo yang cukup besar di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, kini dalam wujud sedan mewah New Honda Civic Turbo telah dilengkapi dengan sejumlah fitur modern dan tampilan yang lebih mewah, yang otomatis mendorong banderolnya cukup tinggi. Belum lagi mobil ini berstatus impor dari Thailand.

Selain itu, faktor pajak sedan yang lebih tinggi dari model lainnya yang membuat mobil ini memiliki harga yang tinggi. Terkait harga, pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) menjanjikan untuk menurunkan harga jual Civic Turbo, apabila pajak untuk mobil sedan telah mengalami harmonisasi.

Baca juga: Ini Alasan Kuat New Honda Mobilio Tidak Alami Rombakan Besar

"Kami sudah mendengar mengenai rencana pemerintah mengenai penurunan pajak untuk sedan. Kami dari pabrikan tergantung kepada peraturan yang ada, yang pasti kita akan ikuti aturan yang ada. Saat ini, belum ada rencana apa-apa mengenai harga," jelas Yulian Karfili selaku Public Relation Manager PT HPM.

Adapun ketentuan mengenai pajak penjualan atas barang mewah atau PPnBM kendaraan bermotor diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 33 Tahun 2017. Dalam kebijakan tersebut tertulis bahwa mobil jenis sedan atau station wagon dikenakan PPnBM sebesar 30 persen.

Rencana terkait penyesuaian pajak sedan sudah ada sejak tahun 2018 lalu, sayangnya hingga saat ini belum ada kepastian dari pemerintah terkati hal tersebut. "Jika bisa terlaksana, diharapkan Indonesia dapat memasok kebutuhan akan mobil jenis sedan di luar negeri dengan banderol yang lebih kompetitif," tukas Yulian.

Sekadar informasi, Honda Indonesia baru saja merilis New Honda Civic Turbo sedan. Ubahan yang terjadi meliputi bumper depan dan juga mendapat penambahan garnish chrome pada pada sisi LED fog light.

New Honda Civic Turbo sedan kini dibekali dengan pelek baru berukuran 17 inci, dengan warna two tone untuk menunjang tampilan agar semakin sporty. Pada bagian belakang body, ubahan terlihat terjadi pada sisi bumper yang kini mendapatkan tambahan garnish chrome pada sisi bawahnya.

Masuk kedalam New Honda Civic mendapat ubahan pada bagian kursi yang kini terkesan lebih elegan. Terlebih bagian kursi penumpang depan kini dilengkapi dengan 4-way Front Passenger Power Seat Adjuster untuk menambah kenyamanan posisi duduk penumpang.

Baca juga: Asyik Nih! Beli Mobilio Dan Civic Baru, Bebas Biaya Jasa Perawatan Selama 4 Tahun

Mobil ini juga dilengkapi Auto Dimming Rear View Mirror yang diklaim mampu meningkatkan visibilitas, ketika terkena pantulan sinar lampu dari kendaraan lain di belakang. Honda pun turut memberikan head unit serta tampilan MID baru.

New Honda Civic Turbo sedan didukung sejumlah fitur modern seperti Remote Engine Start, Smart Entry, One Push Ignition System, Cruise Control, Rear Parking Camera, serta fitur Rain Sensing Windshield Wiper.

Untuk model terbaru ini, Honda membanderolnya dengan harga Rp 507 juta.