POPULAR STORIES

Honda Kembangkan Mesin Pesawat Ramah Lingkungan

Honda Kembangkan Mesin Pesawat Ramah Lingkungan Honda Jet (Foto: HPM)

KabarOto.com - Honda Motor Co., Ltd mengumumkan pengembangan mesin serta bahan bakar pesawat yang ramah lingkungan.

Pengembangan ini dilakukan bersama FAA/OEM Review Panel yang mengevaluasi keamanan serta mendukung standarisasi bahan bakar penerbangan berkelanjutan (Sustainable Aviation Fuel/SAF).

SAF diharapkan dapat memainkan peranan penting dalam mencapai netralitas karbon dalam dunia penerbangan, di mana kedepannya akan menggunakan bahan baku non-fosil seperti tanaman dan limbah, serta mengurangi emisi CO2 dibandingkan dengan bahan bakar jet konvensional.

Baca juga: Honda Dan Sony Sepakat Kerjasama Produksi Mobil Listrik

Pengembangan mesin pesawat Honda

Sementara itu, penggunaan SAF, keamanan pada pesawat dan mesin harus dievaluasi oleh anggota FAA/OEM Review Panel, dan spesifikasinya harus ditetapkan sebagai standar American Society for Testing and Materials (ASTM).

Bersama dengan anggota panel peninjau lainnya, Honda akan berkontribusi pada keselamatan dan penggunaan SAF secara luas dengan mengevaluasi keamanan SAF yang baru dikembangkan melalui peninjauan berbagai data pengujian dan dengan mendukung standarisasi.

Baca juga: Hondajet Elite S Kantongi Penghargaan Best Light Jet

Honda telah menetapkan tujuan perusahaannya untuk mencapai netralitas karbon untuk semua lini produknya dan juga berbagai aktivitas perusahaannya pada tahun 2050.

Dalam bidang penerbangan, selain mengembangkan unit daya baru yang bertanggung jawab terhadap lingkungan berbasis pada teknologi turbin gas dan elektrifikasi, Honda sedang melakukan penelitian tentang bahan bakar netral karbon yang akan berfungsi sebagai alternatif bahan bakar fosil, serta teknologi penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon.