POPULAR STORIES

Honda Kembangkan Teknologi Airbag Baru, Diklaim Lebih Aman

Honda Kembangkan Teknologi Airbag Baru, Diklaim Lebih Aman

KabarOto.com – Salah satu aspek penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli kendaraan adalah keamanan. Yap, konsumen zaman now sudah sadar penuh bahwa sisi keamanan dari sebuah mobil adalah bagian yang tidak boleh diabakan.

Oleh karenanya, pabrikan otomotif kini bekerja keras untuk menghadirkan teknologi dan inovasi terbaru dalam hal keamanan produk mereka, salah satunya adalah Honda.

Dilansir dari Carscoops, pihak Honda dikabarkan tengah mengembangkan teknologi Airbags terbaru yang diklaim jauh lebih aman untuk penggunannya. Riset dan pengembangan teknologi terbaru dari airbag ini dilakukan oleh Honda R&D America yang berada di Ohio, Amerika Serikat.

Pihak Honda tidak sendirian untuk pengembangan teknologi ini, pabrikan asal Jepang ini menggandeng supplier komponen kemanan asal Amerika Serikat, Autoliv.

Baca juga: Setelah ADV150 , Honda Persiapkan ADV250 & ADV300

Teknologi airbag terbaru dari Honda ini rencanannya mulai diterapkan di mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Serikat mulai 2020 mendatang. Jim Kller selaku Presiden R&D Honda America menyebutkan, bahwa teknologi airbag terbaru Honda ini akan merepresentasikan usaha berkelanjutan pabrikan Jepang ini untuk menghadirkan sistem keamanan yang canggih.

Tidak berhenti disana, Keller juga menyatakan bahwa airbag baru ini akan mengakomodir macam-macam skenario kecelakaan, dimana tantangan yang hadir adalah untuk meminimalisir dampak pada penumpang jika terjadi kecelakaan. Lantas, apa perbedaan antara airbag biasa dan airbag baru milik Honda ini?

Jika Sobat KabarOto perhatikan dengan seksama, ada perbedaan secara bentuk antara airbag baru dengan yang lama. airbag baru dari Honda ini memiliki bentuk seperti sebuah sarung tangan baseball yang memiliki sisi sayap di kanan dan kiri. Nah, bagian sayap ini disebut dengan nama sail panel. Bagian ini bakal menangkap kepala dari korban, sehingga kepala akan berada di posisi yang aman.

Hal ini dilakukan supaya kepala penumpang tidak mengalami cedera yang serius, karena airbag biasa tidak ada sail panel-nya ada kemungkinan kepala akan bergeser ke bagian lain seperti dasbor atau pilar A.

Jadi bagaimana Sob dengan pengembangan airbag dari Honda? (Rizky Hidayat)