POPULAR STORIES

Honda Performance Development Resmi Bergabung Dengan Divisi Balapnya

Honda Performance Development Resmi Bergabung dengan Divisi Balapnya Honda Performance Development Resmi Bergabung dengan Divisi Balapnya (Honda)

KabarOto.com - Honda Performance Development (HPD) resmi bergabung dengan Honda Racing Corporation (HRC) mulai tahun 2024. Honda Performance Development (HPD) juga akan berganti nama menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC US).

HRC Amerika Serikat akan tetap melanjutkan pusat pengembangannya di Santa Clarita, California, Amerika Serikat. HPD sendiri didirikan oleh American Honda Motor Co., Ltd pada tahun 1993.

HPD mengembangkan mesin balap Honda untuk digunakan pertama kali di ajang balap IndyCar Series. Selain itu, juga mengembangkan mesin balap Honda untuk ajang balap lainnya di Amerika Serikat yaitu IMSA, Baja Off-Road, Touring Car serta Formula Regional America.

Pada tahun 2018, HPD memperkenalkan mobil balap prototipe Acura untuk pertama kalinya digunakan berkompetisi di ajang balap IMSA.

Baca Juga: Siapkan Motor Sobat, Honda Bikers Day 2023 Bakal Digelar Bulan Depan

HRC juga mengumumkan bahwa logo akan tampil pertama kalinya di mobil balap Acura ARX-06 prototypes, yang digunakan di ajang balap The 2024 Rolex 24 at Daytona, pada tanggal 27-28 Januari 2024.

HRC sendiri mulai beroperasi sejak tahun 1982, bermula dari mengembangkan motor balap Honda. Selama empat puluh tahun perjalannya, HRC menjadi pusat pengembangan berbagai kegiatan balap dunia yang diikuti oleh Honda seperti MotoGP, Superbike, Motocross, World Trial, Paris Dakar rally untuk roda dua hingga roda empat seperti Super Formula, Super GT, Touringcar hingga Formula 1 pada tahun 2022.

HRC divisi roda dua berpusat di Asaka Center, Jepang sementara divisi roda empat nya berpusat di Sakura Center, Jepang.

Baca Juga: Ini 12 Pembalap Andalan Skuad Astra Honda Racing Team (AHRT)

Mereka sudah berkomitmen untuk melanjutkan keikutsertaannya, sebagai penyedia mesin balap F1 di balap Formula 1 bersama tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri hingga akhir tahun 2025.

Pada tahun 2023 ini, Honda Bersama HRC juga mengumumkan akan memulai Kerjasama sebagai penyedia mesin balap Bersama tim Aston Martin mulai tahun 2026.

Koji Watanabe, President HRC mengatakan “Tujuan kami adalah untuk meningkatkan eksistensi HRC dan juga tentunya kami ingin mempertahankan kesuksesan aktivitas balap kami," terangnya.

Selain itu mereka percaya, menyatukan motorsport Honda secara global sebagai satu organisasi balap akan membantu mencapai tujuan.

"Para teknisi balap kami di Amerika Serikat dan Jepang akan menjadi lebih kuat jika bersatu dan saya sangat senang menyambut HPD ke dalam tim HRC," tambahnya.