POPULAR STORIES

Honda Spacy, Skutik Pertama Yang Gunakan Sistem Injeksi Pengganti Karburator

Honda Spacy, Skutik Pertama yang Gunakan Sistem Injeksi Pengganti Karburator Honda Spacy motor matik yang menggunakan injeksi (Foto: Hioonda Cengkareng)

KabarOto.com - Honda Spacy, nama ini mungkin tak asing di telinga pecinta roda dua Indonesia. Motor yang meluncur pada tahun 2011 ini, bisa dikatakan sebagai pelopor skuter matik yang menggunakan sistem injeksi, pengganti karburator.

Dari segi tampilan, Honda Spacy bentuknya mirip motor matik Eropa, desain agak membulat dari depan sampai belakang. Headlamp berada di batok kepala bentuknya agak membundar, lampu sein ada pada bodi depan, memanjang ke bawah.

Baca Juga: Honda Spacy Disuntik Mati, Spare Part Aman Hingga 7 Tahun

Lampu belakang dan sein terpisah, posisinya ada di samping kiri dan kanan sepatbor. Terdapat lampu plat nomor pada sepatbor belakang. Panel meter desainnya cukup unik, indikator BBM masih analog menggantung di atasnya, penunjuk kecepatan juga masih analog. Di bawah setang ada dua tempat penyimpanan seperti motor matik pada umumnya.

Honda Spacy warna Imperial White (Foto: Honda Cengkareng)

Dek cukup lebar, mampu membawa barang dan meletakkan tas. Bagasinya bisa dibilang terbesar, Astra Honda Motor (AHM) menyebutnya Helm-In, mampu menampung satu helm half face, berkapasitas 18 liter.

Kaki-kaki menggunakan dua model peleknya, palang lima dan jari-jari, ban depan berukuran 80/90 – 14 inci belakang 90/90 – 14 inci. Awal diluncurkan pada 2011, motor ini masih menggunakan karburator, sejak 2012 AHM mengubahnya menggunakan sistem injeksi atau dikenal sebagai PGMFi. Setelah itu, baru motor matik Honda lainnya dibekali teknologi ini.

Honda Spacy bisa menampung helm half face (Foto: Honda Cengkareng)

Blok CVT dan Tabung Sokbreker depan berwarna silver, Seiring berjalannya waktu, AHM mengubah warnanya menjadi hitam. Fitur keselamatan, menggunakan rem cakram di depan, sementara belakang masih tromol. Sttandar samping jika diturunkan akan mematikan mesin. Terdapat tuas pengunci rem di handle kiri, pengaman kunci kontak bermagnet, semua lampunya masih Bohlam. Kapasitas Tanki BBM 5,5 liter

Ground Clearence hanya 128 mm, cukup rendah, sehingga jika berboncengan dan melintasi polisi tidur, harus berhati hati, jika tidak ingin menempel gundukan aspal.

Honda Spacy injeksi dibekali mesin 110 cc berpendingin udara, mampu menghasilkan tenaga 8,5 dk di 8.000 rpm, torsi maksimal 8,9 Nm di 6.500 rpm.

Saat itu, motor ini banyak diburu pecinta matik, namun, karena pamornya kalah dengan Honda Beat dan Vario, Honda Spacy pun produksinya dihentikan oleh AHM pada tahun 2018.

Baca Juga: Honda Luncurkan Skuter Matic Spacy Edisi Terbaru

Berikut spesifikasinya:

Spesifikasi Mesin (versi injeksi)
Tipe Mesin: 4 langkah, OHC
Volume Silinder: 108 cc
Diameter x Langkah: 50 x 55 mm
Perbandingan Kompresi: 9.2 : 1
Daya Maksimum: 6.38 kW (8.67 PS) / 8000 rpm
Torsi Maksimum: 8.89 N.m (0.91 kgf.m) / 6500 rpm
Sistem Starter: Pedal dan elektrik
Kapasitas oli mesin: 0.7 liter
Tipe transmisi: Otomatis, V-Matic

Spesifikasi Rangka
Tipe Rangka: Tulang punggung
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Lengan ayun dan sokbreker tunggal
Ban depan: 80/90 – 14 inci
Ban belakang: 90/90 – 14 inci
Rem depan: Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang: Tromol

Dimensi dan Berat
P xLxT: 1.841 x 669 x 1.094 mm.
Jarak Sumbu Roda: 1.256 mm
Jarak Terendah dengan tanah: 128 mm
Berat isi: 99 kg
Kapsitas Tangki:5.5 liter

Kelistrikan
Sistem pengapian: Full Transisterized, Baterai
Baterai: MF Battery, 12 V – 3 Ah
Tipe busi: NGK CPR8EA-9 / DENSO U24EPR9