POPULAR STORIES

Hondata Racik ECU Honda Civic Turbo Baru, Hasilnya Meningkat Dratis

Hondata Racik ECU Honda Civic Turbo Baru, Hasilnya Meningkat Dratis

KabarOto.com – Honda Civic generasi ke-11 baru saja di-upgrade performa mesinnya oleh Hondata. Hondata sendiri bertujuan melakukan pengembangan khusus ECU mobil Honda agar bisa menyepurnakan tenaganya hanya lewat program ECU.

Proyek baru mereka adalah menggarap Civic 2022, melakukan riset re-flash ECU demi nantinya para pemilik yang ingin meningkatkan performa bisa menggunakannya.

Seperti Civic generasi ke-10, sebagian besar garis Civic generasi ke-11 masih ditenagai dengan mesin 4 silinder VTEC turbo 1.500 cc, model sedan mengandalkan transmisi otomatis CVT, sementara versi Hatchback memiliki varian manual.

Baca juga: All-New Honda Civic Hatchback Resmi Meluncur, Ini Jadwal Distribusinya

Hondata sedang mengembangkan FlashPro untuk versi sedan dan telah menemukan beberapa hasil cukup memuaskan.

FlashPro adalah perangkat kecil yang dihubungkan langsung ke colokan OBD-II mobil dan ujung lainnya terhubung ke laptop yang menjalankan perangkat lunak Hondata. Ini dapat digunakan untuk mengunggah berbagai data peningkat daya dan sering di-update oleh Hondata dengan pembaruan gratis, atau dapat menggunakan jasa seorang tuner profesional dengan hasil tuning-nya sendiri.

Baca juga: Muffler HKS Legal, Agar Honda Civic Hatchback Menyalak Gahar

Honda Civic baru yang diperkuat dengan daya 180 dk dan torsi 239 Nm pada mesin. Tentu saja, angka itu turun saat disalurkan ke roda depan. Untuk tujuan penyetelan, Hondata menggunakan alat pengukur Dynapack yang menempel pada hub depan, dan hasil didapat sekitar 162 dk dan torsi 220 Nm standar pabrik pada roda.

Menggunakan bahan bakar oktan 91, lalu mengubah parameter ECU pabrik yang mencakup bahan bakar, pengaturan waktu, dan tekanan boost, Hondata berhasil memberi tambahan tenaga sebesar 34 dk dan torsi 67 Nm, sehingga angka tersebut masing-masing menjadi 196 dk dan torsi 213 Nm.