POPULAR STORIES

Hongkong Jadi Kota Dengan Sistem Transportasi Publik Terbaik Di Dunia

Hongkong Jadi Kota dengan Sistem Transportasi Publik Terbaik di Dunia Stasiun Hongkong (Foto: Istimewa)

Kabaroto.com - Hongkong dinobatkan sebagai kota dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia. Demikian riset yang dilakukan oleh Arcadis (kelompok desain, rekayasa teknologi, dan konsultan).

Seperti dilansir Shanghaiist, Minggu (05/11/17), Hongkong menempati posisi puncak dalam daftar Sustainable Cities Mobility Index 2017. Dalam menyusun daftar tersebut, para ahli menilai keseluruhan kinerja sistem transportasi publik di 100 kota berbeda di seluruh dunia.

Baca Juga:

Para pakar menilai masing-masing berdasarkan 23 indikator yang dibagi menjadi 3 kategori besar, yakni masyarakat (keselamatan, akses, jumlah penumpang, pemeliharaan), planet (catatan lingkungan, kemacetan, keterlambatan, infrastruktur bersepeda, polusi udara), dan profit (keuangan publik, keterjangkauan, kesehatan ekonomi).

Dengan menggunakan 23 indikator tersebut, para pakar menilai Hongkong pantas didaulat menjadi kota dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia. Selain itu, sistem Mass Transit Railway (MTR) milik Hongkong dianggap yang paling efisien di dunia.

Setelah Hongkong, selanjutnya di lima besar ada Zurich (Swiss), Paris (Prancis), Seoul (Korea Selatan), dan Praha (Republik Ceko).

Untuk negara Asia Tenggara, Singapura menjadi yang terbaik dengan menduduki peringkat kedelapan. Jakarta yang hanya menduduki peringkat ke-89 sebagai sistem transportasi publik terbaik di dunia.