Hujan, Simak Cara Rawat Seputar Wiper

Hujan, Simak Cara Rawat Seputar Wiper Foto: Kipli

KabarOto.com - Wiper merupakan komponen penting pada kendaraan untuk membersihkan kaca depan dan belakang. Fungsinya menyapu hujan intensitas ringan hingga deras untuk menjaga visibilitas agar dapat berkendara secara aman.

Air wiper pun selayaknya selalu tersedia di tabung untuk disemprotkan ke bagian kaca mobil sebelum wiper menyapu permukaan kaca. Air di tabung reservoir dipompa secara elektrik atas perintah tombol di area kemudi guna membasuh permukaan kaca sehingga kotoran yang mengganggu jarak pandang mudah dibersihkan. Air wiper juga mencegah goresan saat wiper bekerja menyapu kaca.

Musim tak dapat diprediksi, cegah gagap ketika menghadapi situasi hujan dadakan dan air wiper tidak berfungsi dengan baik.

“Jika memang sering digunakan, ada baiknya tabung reservoir sering dikontrol terutama batas volume air dan kualitas air agar wiper serta komponen pendukungnya seperti air, motor elektrik dan nosel berkerja sempurna,” terang Rafi’I Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Baca Juga: Simak Cara Rawat Sunroof Dan Panoramic Roof

Tuangkan air wiper ke tabung. Gunakan air bersih guna mencegah penyumbatan pada lubang nosel. Isi air wiper sampai batas maksimal seperti yang tertera di tabung, Lalu tutup kembali penutup tabung air wiper.

“Sebaiknya air wiper tidak dibiarkan sampai kosong. Air wiper lama kosong risikonya timbulkan kotoran yang bersarang sampai terjadi penyumbatan. Rutin cek kondisi tabung air wiper dan isi saat air wiper sudah tinggal sedikit,” jelas Rafi’i.

Perhatikan juga semprotan air wiper. Selain kondisi karet wiper, jangan lupa melihat keadaan semprotan air wiper ke arah kaca. Terutama aliran air di slang hingga semprotan air wiper selalu lancar dan arah semburannya sesuai dengan standarnya.