POPULAR STORIES

Hypercar Bertone GB110 Berbahan Bakar Limbah Plastik

Hypercar Bertone GB110 Berbahan Bakar Limbah Plastik Sumber: Bertone

KabarOto.com - Bertone GB110 memulai era baru sebagai hypercar. Bekerja sama dengan perusahaan Nevada Select Fuel menciptakan sumber tenaga pada mesin GB110 dengan bahan bakar ramah lingkungan yang terbuat dari limbah plastik.

Didirikan pada tahun 1912, Bertone adalah yang tertua dari rumah desain Italia yang hebat. Itu memiliki lebih dari satu abad pengalaman desain, pembuatan kereta, dan pembuatan kendaraan sebelum mengalami kebangkrutan pada tahun 2014.

Setelah beberapa pergantian kepemilikan, 2 bersaudara yakni Mauro dan Jean-Franck Ricci muncul dengan visi untuk mengulang sejarah merek tersebut sambil membangunnya, menjadi coach builder modern dari hypercar canggih. Riccis memperoleh hak atas merek Bertone pada tahun 2020, membawa 38 tahun pengalaman industri otomotif dan teknik ke pucuk pimpinan.

Baca juga: Hyundai Mobis Hadirkan Dua Mobil Konsep Masa Depan

Tak heran, Riccis memilih untuk menghormati warisan Bertone dengan membangun model coupe yang didasar oleh desain ikonik Lancia Stratos HF Zero 1970 dan Lamborghini Countach. Mereka telah sepenuhnya menata ulang irisan untuk era modern, menambahkan panel bodi yang lebih montok, hidung melengkung, dan komponen aero agresif seperti splitter depan dan diffuser belakang yang besar.

Pintu menggunakan model gunting dengan bagian kabin layaknya sebuah kokpit dalam pesawat terbang modern. Mengacu pada desain interior Stratos Zero dan Alfa Romeo Carabo.

Bertone merupakan rumah desain otomotif asal Italia yang mempertahankan nilai sejarah dan budaya, sempat mengalami masa-masa sulit namun kini bersiap untuk kembali sebagai desainer mobil modern. Menghadirkan Bertone GB110, konsep hypercar ini diklaim memiliki tenaga mesin sebesar 1.100 dk dan torsi 1.100 Nm.

Hypercar ini akan mencetak sejarah, Bertone berencana untuk bermitra dan memasok bahan bakar ramah lingkungan yang terbuat dari limbah plastik.

Suspensi model double wishbones di depan dan belakang dan termasuk pegas koil, anti-roll bar dan redaman empat arah yang dapat disesuaikan.

Tenaga berasal dari mesin pembakaran internal yang masih dirahasiakan, menggerakkan keempat rodanya melalui sistem AWD. Menggunakan internal combustion engine (ICE) adalah mesin pembakaran dalam adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar

Sampai sekarang, rencana Bertone adalah untuk menghindari bensin dan solar dasar, sebagai gantinya bekerja sama dengan perusahaan Nevada Select Fuel untuk memberi daya pada GB110 dengan bahan bakar ramah lingkungan yang terbuat dari limbah plastik.

Baca juga: Mobil Konsep Bertenaga Hidrogen Pininfarina Dan NamX

Menggunakan bahan bakar tersebut adalah untuk mengatasi dua masalah lingkungan sekaligus, mengumpulkan bahan limbah polikarbonat berbasis bensin tua dan mengubahnya menjadi bahan bakar yang kompatibel dengan ICE yang ada, menciptakan bahan bakar terbarukan yang lebih berkelanjutan yang bekerja dengan armada kendaraan ICE yang ada. Tidak sepenuhnya jelas bagaimana Bertone berencana untuk memasoknya ke pemilik GB110, tetapi tidak perlu meluncurkan operasi skala besar karena hanya 33 unit GB110 yang akan dibuat.

Sepertinya bahan bakar plastik tidak akan menahan GB110 sedikit pun. Mobil ini akan mengembangkan torsi 1.100 Nm (811 lb-ft) untuk menyamai tenaga kuda maksimalnya, berlari dari 0 -100 kpj dalam waktu kurang dari 2,8 detik dan mencapai kecepatan puncak 380 kpj.

Belum ada pengumuman resmi dari Bertone kapan akan memulai produksinya, lokasi pabrik dan perakitan belum dijelaskan. Masih menjadi misteri soal hypercar ini, termasuk informasi harga.