Hypercar SSC Tuatara Umumkan Kehadiran Striker Dan Aggressor

Hypercar SSC Tuatara Umumkan Kehadiran Striker dan Aggressor SSC Tuatara Aggressor

KabarOto.com - SSC Tuatara merupakan salah satu mobil tercepat di dunia, untuk tetap mempertahankan eksistensinya akhirnya SSC memperkenalkan dua model baru Tuatara yakni Striker dan Aggressor. Keduanya memiliki handling di trek yang baik, downforce dan mesin V8 twin-turbo.

Striker dan Aggressor merupakan hasil pengembangan dari Tuatara, keduanya mendapatkan penanganan dan pengembangan khusus performa dan lebih agresif di tikungan atau belokan trek.

Baca juga: SSC Tuatara Ingin Cetak Rekor di Sirkuit Nurburgring

SSC Tuatara Striker

SSC menyebut model-model baru ini sebagai ekspansi lateral, sehingga mereka tidak dirancang untuk menjadi kelas andalan mobil tercepat di dunia seperti varian trek untuk menghasilkan rekor waktu putaran. Terinspirasi oleh pesawat penyerang serbaguna (pesawat tempur serang), Tuatara Striker dirancang untuk sama seperti di jalan atau trek.

Mengandalkan mesin V8 twin-turbo berkapasitas 5.900 cc, sanggup memproduksi tenaga sebesar 1.750 dk. Transmisinya mengandalkan model manual dengan 7 percepatan. Striker mengalami peningkatan bodi untuk meningkatkan downforce yang lebih baik.

Penambahan spoiler kit untuk meningkatkan downforce

Striker kehilangan winglet khas Tuatara demi sayap tetap dengan downforce tinggi. Termasuk sayap belakang aktif, stabilizer vertikal, dan diffuser belakang yang besar. Ke depan, kit aero Striker mencakup rocker samping vaned terarah, dan splitter depan. Penambahan item tadi untuk menyeimbangkan downforce, meningkatkan keseimbangan dan stabilitas.

"Mengambil bentuk murni, kecepatan Tuatara dan mengubahnya menjadi senjata lintasan pamungkas adalah tugas impian. Setiap perubahan estetika dan elemen aero memiliki tujuan berbeda untuk menciptakan gaya tekan ke bawah dengan penalti tarikan minimum dan manfaat tambahan untuk memberikan mobil estetika yang sangat agresif dan terarah," jelas desainer Jason Castriota.

Baca juga: SSC Tuatara Kukuhkan Mobil Tercepat Di Dunia

Dirancang untuk performa tinggi di lintasan jalan maupun trek

Untuk model Aggressor mendapatkan semua upgrade aero dari Striker, dirancang khusus untuk berlari di trek sehingga mendapatkan paket upgrade mesin 2.200 dk opsional ditambah dengan sistem pembuangan yang disesuaikan. Interiornya ditambatkan oleh sangkar gulung karbon dan termasuk jok balap yang disesuaikan dengan sabuk pengaman pengaman lima titik dan dasbor karbon.

SSC hanya akan membangun 10 unit Tuatara Aggressor dan 100 unit Tuatara Striker yang akan dibangun di Richland, Washington, Amerika Serikat.

Sayangnya pihak SSC belum mengkonfirmasikan harganya hingga saat ini.