Hyundai Akan Produksi 1.000 Mobil Listrik Per Tahun Di Indonesia

Hyundai akan Produksi 1.000 Mobil Listrik per Tahun di Indonesia Hyundai Ioniq listrik

KabarOto.com - Kendaraan listrik menjadi fokus Pemerintah untuk dikembangkan di Indonesia. berbagai sarana dan prasarana sudah disiapkan untuk mendukung kebutuhan konsumen kendaraan listrik. Pemerintah pun tengah menyiapkan ekosistem industri kecil dan menengah untuk memasok kebutuhan komponen kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Salah satu pabrikan yang saat ini fokus mengembangkan mobil listrik di Indonesia adalah PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI). Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi perusahaan asal Korea ini. Pasalnya mereka akan mulai memproduksi mobil listrik Maret 2022 mendatang.

Baca Juga: Sinyal Kuat Hyundai Ioniq 5 Segera Diproduksi Di Indonesia

Fasilitas pengecasan sudah dipersiapkan di diler Hyundai

"Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan," terang Agus Gumiwang. Ini menurutnya sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional, jika Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya.

Proses produksi tahap awal, Hyundai akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun di Indonesia. Menperin minta, Hyundai harus menerapkan teknologi industri 4.0 di seluruh lini produksi. Selain itu melibatkan Industri Kecil dan Menengah sebagai bagian dari global supply chain perusahaan.

Politisi Partai Golkar ini juga berharap Hyundai Indonesia mendirikan akademi atau politeknik yang lulusannya menjadi pekerja dengan kemampuan sesuai kebutuhan industri hingga purnajual mobil listrik.

Seperti diketahui, Hyundai sudah membangun pabrik mobil listrik di kawasan Cikarang, Jawa Barat, dan saat ini prosesnya sudah hampir rampung. Sementara itu, pabrik baterai diperkirakan selesai pada semester pertama tahun 2023.

Baca Juga: Untuk Semua Merek Mobil, Hyundai Service Point Hadir Di Bekasi Pekan Ini

Mereka fokus dan berkomitmen untuk mengembangkan mobil listrik murni (Battery Electric Vehicles) serta memproduksi baterai dalam negeri.