Hyundai Akan Produksi Santa Fe Bertenaga Listrik

Hyundai Akan Produksi Santa Fe Bertenaga Listrik Hyundai Santa Fe (Hyundai)

KabarOto.com - Mobil dengan tenaga listrik, saat ini menjadi tren di dunia otomotif. Hampir semua pabrikan mobil berlomba-lomba untuk memproduksi mobil listrik, begitu juga Hyundai.

Pabrikan asal Korea Selatan itu, dikabarkan sedang mengembangkan dua model Santa Fe dengan tenaga full listrik dan hybrid. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Hyundai dalam acara peluncuran global Santa Fe baru-baru ini di Barcelona, Spanyol.

Hyundai mengungkapkan, Santa Fe varian pertama disebut sebagai hybrid tradisional yang menggunakan komponen mesin dari Tucson dan Kia Sportage. Mesinnya menggunakan 2.0 liter turbo diesel, berpadu dengan mild hybrid starter generator (MHSG), low-voltage DC/DC converter (LDC), serta inverter dan baterai lithium-ion 0,44 kWh.

Sementara Santa Fe varian kedua, dibekali mesin hybrid plug-in yang sedikit lebih canggih, dengan mesin bensin 2.0 liter milik Kia Optima PHEV. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik berkapasitas 50kW dan baterai 9.8 kWh yang dapat terisi daya listriknya dengan cepat.

Baca juga: Modifikasi Wuling Confero S, Keren dengan Gaya Turing

Hyundai mengklaim, Santa Fe plug-in hybrid ini memiliki daya jelajah yang cukup jauh dalam kondisi pengunaan mesin kombinasi mencapai 965 km. Bila dalam mode full elektrik, mobil ini dapat mencapai jarak 43 km.

Santa Fe versi elektrik ini merupakan bagian dari model-model baru Hyundai, dan rencananya 18 model ramah lingkungan akan hadir di pasar global pada tahun 2025.