POPULAR STORIES

Hyundai Dipastikan Produksi Mobil Listrik Di Indonesia

Hyundai Dipastikan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

KabarOto.com - Hyundai sudah membangun pabrik di Indonesia. Tak hanya kendaraan konvensional, pabrik ini juga akan memproduksi mobil listrik pada 2022 mendatang. Pabrikan asal Korea Selatan ini berinvestasi 1,5 miliar dollar AS.

"Pabrik Hyundai hasil investasi 1,5 miliar dollar AS dan dia terus bangun sekalipun di tengah pandemi Covid-19," terang Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) Bahlil Lahadia.

Baca juga: Pre Order Hyundai Alcazar Tembus 11.000 Unit

Bahlil menyatakan, rencananya pada Agustus ini groundbreaking tahap pertama akan dilakukan untuk pabrik baterai mobil. Pembangunan pabrik ini menurut Bahlil, terus dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih dalam jika harus menghentikan pembangunan pabriknya.

Dia pun menambahkan, Hyundai mentargetkan produksi bisa terlaksana pada awal tahun depan, yakni Februari atau Maret 2022. Meski tidak menampik rencana yang disampakan kepala BKPM tersebut, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur menuturkan, pembangunan pabrik di kawasan Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, masih sesuau rencana.

Baca juga: Kok Hyundai Kona Electric Tembus Rp1,5 Miliar Di Singapura?

Pabrik tersebut diperkirakan memproduksi 150.000 unit sampai 250.000 unit mobil dalam satu tahun. Sementara itu, COO Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun beberapa waktu lalu menyatakan, selama 2021-2022 akan ada tiga model yang dilahirkan di pabrik terkait.

Dia memperkirakan bulan Mei sudah dimulai pilot production. Akhir tahun akan meluncurkan 1 model Internal Combustion Engine (ICE) terlebih dahulu. Kemudian, tahun depan dua model ICE.