POPULAR STORIES

Hyundai Gandeng Kampus ITB Kembangkan Perintah Suara Di Mobilnya

Hyundai Gandeng Kampus ITB Kembangkan Perintah Suara di Mobilnya Hyundai gandeng ITB kembangkan voice command (KabarOto/ HMII)

KabarOto.com - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) hari Jum'at (16/06/2023) menjajaki kerjasama kembangkan perintah suara di mobil buatannya.

Ini merupakan bentuk komitmen Hyundai untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia lewat jalur penelitian.

Bong Kyu Lee, President Director of PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, menjelaskan, “Lewat kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung, kami berharap dapat berkembang bersama Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Beli Hyundai Stargazer Dan Creta Dapat Hadiah Ioniq 5

Nota kesepahaman (MoU) HMMI dengan ITB ini menyepakati berlangsungnya kerjasama selama 3 tahun. Aktivitas akan dimulai dengan riset Pengenalan Suara untuk Bahasa Indonesia antara HMMI R&D dan ITB.

Tujuan riset ini adalah pengembangan fitur yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan, penyampaian informasi yang cepat dan akurat, dan berkendara yang menyenangkan.

Baca Juga: Hyundai Mulai Pembangunan Pabrik Baterai Senilai Rp900 Miliar Di Karawang

Hal ini akan sangat membantu ketika tangan dan mata harus fokus dalam posisi berkendara, karena fungsi kendaraan dapat bekerja dalam satu perintah suara.

Riset akan berjalan untuk mengumpulkan beragam data penunjang fitur perintah suara. Tak kurang dari 2.000 responden akan dilibatkan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan beragam perintah.

”Dengan semangat kolaborasi, kami berharap akan terwujud kerjasama yang baik untuk melakukan pengembangan-pengembangan inovasi dan teknologi, yang memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa," jelas Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK) ITB, Ir. R. Joko Sarwono, M.T, Ph.D.