POPULAR STORIES

Hyundai Mulai Pembangunan Pabrik Baterai Senilai Rp900 Miliar Di Karawang

Hyundai Mulai Pembangunan Pabrik Baterai Senilai Rp900 Miliar di Karawang pabrik senilai Rp 900 miliar resmi dibangun (Kipli/ HMID)

KabarOto.com - Hyundai Energy Indonesia (HEI), hari ini (31/05) mengumumkan dimulainya pembangunan pabrik battery system Hyundai pertama di Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Dibangun sebagai hasil kolaborasi Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dengan Hyundai Mobis, fasilitas ini klaimnya akan mendukung Indonesia untuk menjadi hub kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Dana sebesar 60 juta dolar AS atau sekitar Rp 900 miliar, diinvestasikan terhadap pembangunan pabrik ini yang akan memulai produksi massal pada paruh pertama tahun 2024.

Baca Juga: Lampu Mobil Hyundai Semakin Canggih Bisa Bantu Pejalan Kaki

Pabrik battery system ini bertujuan memastikan pasokan baterai kendaraan listrik yang stabil, untuk mobil listrik bertenaga baterai atau battery electric vehicle (BEV), serta memperkuat rantai pasok dalam kegiatan produksi secara berkelanjutan.

Hyundai dapat secara konsisten mendukung industri dan ekosistem mobil listrik Indonesia dalam mengembangkan kapabilitas industri komponen otomotif dalam negeri, khususnya di sektor kendaraan listrik.

Chang Oug Hong selaku President Director Hyundai Energy Indonesia mengatakan, “Adapun investasi yang diputuskan sudah melalui pertimbangan matang dan terukur dari principle global Hyundai, untuk memastikan kapabilitas fasilitas tersebut dalam mendukung rantai pasok kendaraan listrik secara maksimal.”

Baca Juga: Test Drive Hyundai Stargazer Prime IVT, Varian Tertinggi Jadi Andalan Dobrak Pasar

Berlokasi di lahan seluas 32.188 meter persegi, pabrik ini akan memproduksi battery system untuk dipasok ke model-model BEV yang dibuat di Indonesia yang diharapkan dapat dirilis di pasar Asia Tenggara pada 2024.

Adapun komponen tersebut nantinya akan dioptimalkan dengan dua jenis sel baterai, yaitu kapasitas standar dan kapasitas besar untuk jarak tempuh yang lebih jauh.

Hyundai melalui Hyundai Motor Group juga akan memproduksi sel baterai tersebut di Indonesia lewat joint venture dengan LG Energy Solution dalam pembangunan pabrik sel baterai di Karawang, Jawa Barat, yang masih proses pembangunan saat ini.