Hyundai Kona N, "SUV Panas"

Hyundai Kona N, "SUV Panas"

KabarOto.com - Sport Utility Vehicle (SUV) terkencang asal Korea sedianya sudah diluncurkan Selasa (27/4), Hyundai Kona N. Namun tetap sajikan kesenangan berkendara.

Hadirnya Hyundai Kona N sebagai jajaran baru yang sebelumnya diisi oleh versi hatchback. Nah, dengan bodi SUV tetap sajikan akselerasi kuat, keandalan serta kemampuan bermain di lintasan balap tanpa menepikan kenyamanan.

Baca juga: Produksi Hyundai Kona Electric Berhenti Sementara, Bagaimana Distribusi ke Indonesia?



Oh iya, sebelum jauh mengulas Kona N, Hyundai Motor sudah berencana memperluas N Brand hingga 18 model sampai tahun 2022. Tak menutup kemungkinan dihadirkan e-performance alias kendaraan listrik berbasis baterai atau hidrogen.

‘Never just drive’ atau diartikan 'Tak Sekadar Berkendara' menjadi klaim brand Hyundai N.

Teknologi yang terinspirasi di dunia balap, Brand N ini bertujuan memuaskan para konsumen yang ingin mobilnya lebih berbeda dalam hal peforma mesin dan pengendalian. Selain itu kemampuan menikung cepat tanpa kehilangan pengendalian, layaknya mengendarai sports cars.

Perihal mesin yang disematkan adalah 2.000 cc turbocharger dengan transmisi delapan pecepatan dual clutch (N DCT). Tenaganya suguhkan 276 dk dan torsinya 392 Nm.



Diyakini N DCT tersebut pengembangan khusus dari Hyundai. Memungkinkan pengendara memindahkan tingkat percepatan transmisi lebih singkat dan termasuk adanya N Grin Shift (NGS), N Power Shift (NPS) dan N Track Sense Shift (NTS).

Saat berkendara, pengendara dapat memilih mode Eco, Normal, Sport, N, dan Custom. Tentunya setiap mode punya karakter sendiri-sendiri yang secara otomatis memberikan input terhadap respon mesin, Electronic Stability Control, suara mesin, hingga akurasi kemudi.



Berada di kabin, pengendara akan disapa oleh layar 10 inci di tengah dasbor. Kemudian Head-Up Diplay (HUD) tepat di depan kokpit, memudahkan memantau kondisi kendaraan.

Sebagai kendaraan sirkuit, Kona N sudah disematkan peta lintasan, hingga update catatan waktu ketika berusaha pertajam putari sirkuit. Khusus untuk pasar Eropa, Kona N ada N Road Sense yang secara otomatis ketika temui dua tikungan ganda.

Baca juga: Kampanyekan Hyundai Nexo Berbahan Bakar Hidrogen, Gandeng BTS



Tongkrongan luar, akan langsung terbius oleh desain pelek 19 inci yang memang disiapkan khusus untuk Kona N. Sebab diyakini tapanya lebih lebar dari pelek biasa, sehingga bisa kian optimal saat melintasi tikungan.

Spesifikasi Hyundai Kona N
Dimensi
Panjang: 4.215 mm
Lebar: 1.800 mm
Tinggi: 1.565 mm

Wheelbase: 2.600

Mesin: 2.0-litre T-GDI w/ flat power

Transmisi: 8-speed wet-type DCT (N DCT)

Bobot:
1.510 kg (Global)
1.515 kg (Amerika Utara)

Tenaga: 276 dk
Torsi: 392 Nm
Kecepatan tertinggi: 240 kpj