POPULAR STORIES

Hyundai Meluncurkan Veloster Turbo Grappler Concept

Hyundai Meluncurkan Veloster Turbo Grappler Concept

KabarOto.com – Dalam ajang SEMA Show 2019 yang lalu, Hyundai Motor Company sebagai produsen asal Korea Selatan meluncurkan Veloster Turbo Grappler Concept yang diyakini siap menaklukan medan off-road ekstrim.

Sesuatu yang menarik dari mobil konsep ini adalah menawarkan ground clearence yang tinggi, menggabungkan kemampuan yang luar biasa dan sudut ekstrim yang membuat pengendara lebih percaya diri untuk dibawa off-road.

Supaya tangguh dalam melintasi medan off-road, mobil konsep ini menggunakan ban segala medan berukuran besar bertema reli Method Racing membuatnya lebih berkarakter dan berkemampuan fungsional, sementara kenalpot belakang menggunakan komponen Borla® untuk menambah resonansi visceral yang memacu adrenalin.

Baca juga: Mengintip Spesifikasi Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR

Di bagian atap, terdapat penampang lansiran Thule mencakup sistem pencahayaan tambahan dari Baja Designs® serta sejumlah lampu utilitas yang dipasang di atap yang berguna untuk menambah visibilitas saat berkendara di malam hari. Selain digunakan sebagai tempat untuk memasang sistem pencahayaan tambahan, terdapat keranjang yang digunakan untuk meletakkan ban cadangan berukuran besar.

Penampang yang dipasang di bagian atas juga berfungsi sebagai tempat untuk memasang panel surya dari Goal Zero yang dapat dilepas, panel surya yang terpasang ini berfungsi untuk memberi daya pembangkit listrik portabel yang terpasang di dalam kabin, perangkat ini berguna untuk menyediakan energi listrik saat perjalanan jauh.

Sebagai mobil off-road, mobil konsep ini juga dilengkapi dengan peralatan off-road seperti pembersih tanah, penghalau semak belukar depan dan belakang, serta tudung serat karbon Seibon® yang secara efektif mampu menolak panas pada ruang mesin. Supaya visibilitas semakin baik lagi, terdapat lampu LED tambahan yang terpasang tepat di gril depan.

Baca juga: Hyundai Veloster N 2019 Dibekali Mesin 2000CC

Beralih ke bagian dalam, terdapat roll bar yang berfungsi untuk memberikan perlindungan untuk pengemudi dan penumpang, serta memfasilitasi pemasangan roda dan ban cadangan yang berukuran besar. Masih di bagian perlengkapan interior, terdapat karpet anti selip, jok premium Recaro dengan pola houndstooth, kotak P3K, dan tenda kubah luar ruangan Napier yang cocok untuk berkemah di lingkungan terbuka.

Terdapat aksesoris lain untuk memaksimalkan fungsi kendaraan seperti pedal sport, shifter sport, matras segala cuaca, lampu ambient pada footwell dan blok kargo.

Sayangnya, spesifikasi mesin dan transmisi yang digunakan Veloster Turbo Grappler Concept tidak diinformasikan oleh Hyundai. Namun, Veloster yang dijual di Amerika Serikat mengemas mesin 4 silinder turbocharged berkapasitas 2.000 cc, menghasilkan tenaga 275 dk dan torsi 353 Nm. (Nora Dian Pratama)