Mengintip Spesifikasi Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR

Mengintip Spesifikasi Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR Hyundai Veloster N ETCR (Hyundai)

KabarOto.com - Setelah diluncurkan di Frankfurt Motor Show (IAA) 2019, mobil balap bertenaga listrik milik Hyundai Motorsport, yaitu Veloster N ETCR, kini siap untuk terjun langsung ke seri balap kejuaraan electric touring (ETCR) pada tahun 2020.

Hal tersebut terungkap, saat Hyundai Motorsport melakukan pengujian dari Veloster N ETCR ini di sirkuit Hungaroring, Budapest, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Gokil! Mobil Bongsor Hyundai H1 Ini Bisa Diajak Drifting

"Mobil baru ini sudah menyelesaikan sesi latihan selama dua hari di sirkuit tersebut dan tidak terdapat satu kendala apapun," ujar Andrea Adamo, Hyundai Motorsport Team Director.

Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR
Bagian belakang dengan GT Wing berukuran besar

Ia melanjutkan, Veloster N ETCR ini memakai basis Hyundai Veloster N terbaru, namun telah dirancang ulang untuk dapat diterjunkan pada seri balap kejuaraan electric touring (ETCR) tahun depan.

Wujud fisiknya sendiri sangat mirip dengan mobil balap Veloster N TCR. Tapi mobil ini tidak memakai mesin 4-silinder 2.0 liter turbo, melainkan digerakkan oleh motor listrik.

Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR
Tampilan menarik dengan grafis berdesain khusus

"Kami punya dua tantangan yaitu harus mengembangkan sasis, tapi juga belajar cara memaksimalkan tenaga dari baterai dan motor secara efektif. Tapi dengan pengujian ini saya optimis jika insinyur kami dapat menghasilkan mobil balap juara," tegas Adamo.

Menariknya lagi, meski memakai motor listrik, Veloster N ETCR merupakan mobil dengan gerak roda belakang. Ya, Hyundai menempatkan motor listrik penggerak roda di tengah (mid-mounted motor), tepatnya di belakang pengemudi. Racikan itu disesuaikan dengan regulasi dari balap ETCR.

Baca Juga: Tiga Varian Mobil Listrik Hyundai Ioniq Siap Bikin Gebrakan

Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR

Andrea menambahkan, lahirnya Veloster N ETCR menandai era baru bagi Hyundai Motorsport. Apalagi, mereka berniat menjadikan balap mobil listrik sebagai salah satu pilar dari divisi Hyundai Motorsport.

"Proyek ini akan diintegrasikan bersama komitmen berkelanjutan Hyundai sebagai produsen mobil dalam FIA World Rally Championship (WRC), serta customer racing dengan i20 R5, i30 N TCR, dan Veloster N TCR," pungkas Andrea.

Spesifikasi:

Dimensi
Panjang: 4.600 mm
Lebar: 1.970 mm
Jarak sumbu roda: 2.700 mm
Berat: 1.700 kg

Mesin
4 motor (2 motor per roda)

Sistem Baterai
Baterai 800 V 65kWh

Transmisi
Rear-wheel-drive
Gearbox: Single gear Ratio

Sasis
Suspensi depan: McPherson strut, coil springs, gas-filled dampers, anti-roll bar
Suspensi belakang: Double wishbone, coil springs, gas-filled dampers
Steering: electrical power rack and pinion

Sistem rem
Dual circuit hydraulic system
Rem depan: 6-piston kaliper, 380 mm cakram baja ventilasi
Rem belakang: 4-piston kaliper, 355 mm cakram baja ventilasi

Roda
Ukuran 11x18 inci di depan dan 12x18 inci di belakang

Interior
Jok balap Sabelt dengan enam titik, HANS