POPULAR STORIES

Hyundai Mobis Ciptakan Airbag Panoramic Sunroof

Hyundai Mobis Ciptakan Airbag Panoramic Sunroof Ilustrasi airbag mengembang untuk memproteksi pengendara (istimewa)

KabarOto.com - Keselamatan menjadi faktor utama bagi produsen otomotif dalam membuat produk roda empat. Kantung udara atau airbag menjadi salah satu fitur standar keamanan tersebut yang harus ada dalam setiap kendaraan.

Fungsinya untuk melindungi pengendara dari benturan keras ketika terjadi kecelakaan, semisal tabrakan atau benturan keras lainnya saat berkendara.

Baca Juga:

Biasanya, kantung udara disematkan di bawah dasbor atau setir mobil. Bahkan, pada mobil mewah, airbag ditambangkan pada bagian samping jok, dan sisi kanan-kiri kabin untuk memberikan perlindungan maksimal.

Baru-baru ini Hyundai Mobis, anak perusahaan mobil Hyundai membuat inovasi dengan menciptakan airbag yang disematkan pada bagian atap mobil.

Dikutip Motor1, Jumat, (27/10/2017), Hyundai Mobil memperkenalkan untuk pertama kalinya airbag untuk mobil yang menggunakan atap kaca atau panoramic sunroof. Balon airbag akan mengembang dalam hitungan 0,08 detik setelah benturan.

kabarOto
ilustrasi airbag pada roda empat

Airbag panoramic sunroof ini dirancang untuk melindungi penumpang di dalam kabin, khususnya dari ancaman kaca. Saat aktif, airbag akan menutup seluruh bagian atap kaca mobil sehigga diharapkan bisa meminimalisir serpihan kaca.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut menyebutkan, untuk menciptakan airbag di atap kaca bukan perkara mudah. Sebab perhitungan teknis harus dilakukan secara tepat untuk memaksimalkan perlindungan.

Selain itu, secara teknis airbag juga dirancang untuk bisa berfungsi dalam keadaan atap kaca mobil tersebut dibuka maupun ditutup.

Hyundai Mobis sudah mematenkan 11 teknologi terkait dengan airbag untuk atap kaca mobil. Sayangnya, belum disebut secara jelas, airbag tersebut akan dipasang untuk mobil model apa nantinya.