POPULAR STORIES

Hyundai N Rilis 5 Mobil Konsep Yang Berfokus Pada Performa Mobil

Hyundai N Rilis 5 Mobil Konsep yang Berfokus Pada Performa Mobil Hyundai RM Concept (Dok: Hyundai N)

KabarOto.com – Hyundai N merilis sebuah video yang menceritakan sebuah proyek RM. Di mana, pabrikan mobil asal Korea Selatan memperlihatkan lima mobil konsep bermesin tengah yang berfokus pada performa, dan akan diproduksi dengan lambang “N”.

Proyek RM dimulai pada tahun 2012 di Namyang R&D Center di mana sekelompok insinyur secara sukarela mengerjakan sesuatu yang istimewa. Pada tahun-tahun berikutnya, Hyundai menghadirkan konsep RM14, RM15, RM16, RM19, dan RM20e, yang mewakili evolusi dari tema yang sama yang bertujuan untuk kinerja maksimal.

Baca juga: Belum Sampai Sebulan, Hyundai Creta Sudah Catatkan 670 SPK

Semua prototipe RM dibangun di atas sasis Veloster yang dimodifikasi, menampilkan tata letak penggerak roda belakang bermesin tengah dan bodykit lebar dengan komponen aero ekstrem. RM19 dan RM20e yang lebih baru dibangun di atas mobil balap Veloster N TCR.

RM20e juga merupakan yang paling bertenaga, dengan powertrain listrik yang dipasang di tengah menghasilkan 794 dk dan torsi 960 N. Spesifikasi tersebut membawa tingkat kinerja lain dengan akselerasi 0-100 km/jamdalam waktu kurang dari tiga detik, dengan kecepatan tertinggi lebih dari 250 km/jam. Pada saat yang sama, kemampuan pengisian cepat memungkinkan baterai 60 kWh mencapai pengisian 80 persen hanya dalam 30 menit.

Baca juga: Dukung G20, Hyundai Serahkan 40 Mobil Listrik Ke Menko Perekonomian

Selain itu, mobil konsep RM juga akan dibekali teknologi canggih yang masih dalam pengembangan. Misalnya, e-LSD diuji pada RM16 sebelum digunakan dalam produksi i30 N, sedangkan gearbox DCT delapan kecepatan diuji pada RM19 sebelum dipasang di seluruh jajaran N.

Versi produksi dari mobil bermesin tengah yang digambarkan dalam konsep RM telah lama dikabarkan sebagai model berkinerja unggulan untuk merek N. Jajaran model Hyundai N saat ini adalah Hyundai i20 N, i30 N dalam bentuk hatchback dan fastback, Veloster N, Kona N B-SUV, dan sedan Elantra N.