Hyundai Nexo Pecahkan Rekor Tempuh Jarak Terjauh Sekali Pengisian Hidrogen

Hyundai Nexo Pecahkan Rekor Tempuh Jarak Terjauh Sekali Pengisian Hidrogen Hyundai Nexo (Hyundai)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai, dikabarkan telah memecahkan rekor dunia baru untuk jarak terpanjang yang dapat ditempuh oleh kendaraan bertenaga hidrogen.

Pemecahan rekor itu didapat Hyundai, ketika salah satu produk andalannya Nexo, berhasil menempuh 778 km hanya dengan sekali pengisian bahan bakar hidrogen.

"Belum pernah ada mobil produksi yang ditenagai oleh sel bahan bakar hidrogen, dan sanggup menempuh begitu banyak kilometer hanya dengan sekali pengisian daya," kata Hyundai dalam keterangannya.

Baca Juga: Mitsubishi Sebut Kendaraan Listrik PHEV Paling Cocok Digunakan Di Indonesia

Prestasi tersebut, dilakukan oleh Aeronaut Perancis dan Presiden Solar Impulse Foundation, Bertrand Piccard. Ia berkendara dari stasiun hidrogen FaHyence di Sarreguemines, pada tanggal 25 November 2019, menuju Musée de l'Air et de l'Espace di Le Bourget, Prancis. Bertrand tiba di tujuan akhir, pada hari berikutnya.

Pemegang rekor keliling dunia dengan balon udara

Warga Swiss itu ternyata tidak sendirian dalam perjalanannya, karena ditemani penumpang yang bukan orang sembarangan. Diantaranya Benoit Potier, CEO Air Liquide, lalu H.S.H. Pangeran Albert II dari Monako, serta Grand Duke Henri dari Luxembourg.

Menariknya, pada akhir perjalanan 778 km, mobil itu sebenarnya masih memiliki jarak jangkau hingga 49 km lagi. Canggihnya lagi, karena Nexo menggunakan bahan bakar hidrogen, jadi kendaraan ini hanya menghasilkan uap air dan panas.

Saat pemecahan rekor, Hyundai mencatat Nexo berhasil memurnikan total 404,6 kL udara, yang setara dengan volume udara yang dihembuskan 23 orang dewasa dalam sehari.

Pecahkan rekor dunia

"Kami telah membuktikan bahwa dengan teknologi bersih, kami tidak lagi memerlukan prototipe eksperimental revolusioner untuk memecahkan rekor. Setiap orang sekarang dapat melakukannya dengan kendaraan standar emisi nol. Era baru dalam kinerja sedang dimulai, untuk kepentingan perlindungan lingkungan," kata Bertrand.

Sementara itu, Lionel French-Keogh, managing director Hyundai Motor France mengatakan, "Beberapa orang mungkin meragukan relevansi hidrogen di mobil masa depan, kami di Hyundai telah mempercayainya sejak 1998. Berkat rekor yang dibuat oleh Bertrand Piccard ini, semua keraguan telah dihilangkan," ujarnya.

Baca Juga: Wow! Atlet Ini Lari Dan Menghirup Udara Dari Knalpot Hyundai Nexo

Nexo sendiri dibangun pada platform khusus, sebagai pengganti Tucson ix35 FCEV. Mobil crossover tersebut, digerakkan oleh motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 163 dk dan torsi 395 Nm.

Dalam hal performa, Nexo hanya membutuhkan 9,2 detik untuk bergerak dari nol hingga 100 kpj. Bila pengemudi masih memiliki nyali lebih untuk menginjak pedal paling kanan lebih dalam, Nexo dapat mencapai kecepatan tertinggi 179 kpj.

Berita Terkait

Berita Terkait