Wow! Atlet Ini Lari Dan Menghirup Udara Dari Knalpot Hyundai Nexo

Wow! Atlet Ini Lari dan Menghirup Udara dari Knalpot Hyundai Nexo (Foto: YouTube Hyundai Espana)

KabarOto.com - Kendaraan keluaran merek otomotif di seluruh dunia kini semakin beragam. Kini untuk industri otomotif di Indonesia sudah merambah dan serius dengan kendaraa elektrik. Salah satu dampak positif dengan kendaraan elektrik yaitu lebih ramah lingkungan.

Hyundai mengeluarkan kendaraan SUV Nexo yang terbilang memiliki teknologi moderen. Hyundai Nexo merupakan kendaraan keluaran merek otomotif Korea Selatan yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Sehingga, kendaraan ini hanya menghasilkan uap air dan panas.

Baca juga: Raih Penghargaan IIHS, Hyundai Nexo Jadi Kendaraan Hidrogen Pertama Yang Diuji

Kerennya, mobil ini juga mampu menjernihkan udara yang keluar bahkan emisinya sebesar 99,9% disaring oksigen. Demi menunjukkan betapa bersihnya kendaraan ini, Hyundai membuat demonstrasi yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan.

Foto: Techradar

Hyundai melakukan demonstrasi dengan bantuan atlet Olimpiade asal Spanyol Mireia Belmonte. Olahraga dengan udara bersih menjadi konsep demontrasi ini. Dililhat dari video YouTube Hyundai Espana, Belmonte diminta untuk berlari di atas treadmill yang ditempatkan di dalam gelembung udara.

Baca Juga: Tiga Varian Mobil LIstrik Hyundai Ioniq Siap Bikin Gebrakan

Disinilah perbedaan serta keunikannya, gelembung udara yang menjadi tempat olehraga Belmonte sumber udaranya berasal dari knalpot Hyundai Nexo. Setelah dilihat Belmonte terlihat baik-baik saja dengan udara di dalam gelembung tersebut.

Wah, tidak bisa dibayangkan betapa sesaknya jika aktivitas tersebut dilakukan dengan udara dari kendaraan berbahan bakar minyak.

Sistem hidrogen Nexo bekerja sangat mirip dengan powertrain serupa lainnya. Terdapat tiga tangki hidrogen yang meyalurkan ke dalam sel bahan bakar, kemudian di bagian anoda partikelnya dipecah menjadi elektron dan proton.

Partikel elektron mampu menghasilkan arus yang memasok daya ke baterai sehingga menggerakkan motor listrik di roda depan. Sementara proton berekasi dengan elektron dan berubah menjadi oksigen untuk membuat air yang keluar melalui knalpot.

Baca Juga: Hyundai Kona Listrik Menjadi Mobil Patroli Kepolisian Swiss

Selain kendaraan elektrik yang saat ini sedang berkembang, Hyundai Nexo sebagai kendaraan berbahan bakar nitrogen patut diberi apresiasi karena menjadi salah satu perkembangan di dunia otomotif. Sehingga, industri otomotif dunia semakin maju dan memiliki beragam pilihan kendaraan ramah lingkungan.