POPULAR STORIES

Hyundai Kona Listrik Menjadi Mobil Patroli Kepolisian Swiss

Hyundai Kona Listrik Menjadi Mobil Patroli Kepolisian Swiss Hyundai Kona sebagai mobil patroli (Hyundai)

KabarOto.com - Bisa dibilang, Hyundai Kona merupakan salah satu produk dari Hyundai, yang memiliki tampilan menarik. Tak mengherankan bila Polisi Swiss, juga terpincut oleh sosoknya, dan menjadikan Hyundai Kona sebagai mobil patroli.

Menariknya, mobil patroli yang akan digunakan itu tidak menggunakan mesin konvensional, melainkan ditenagai motor listrik. "Baru-baru ini mereka telah menerima 13 crossover Hyundai Kona yang ditenagai mesin listrik untuk dijadikan sebagai armada mereka," tulis Hyundai dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Hyundai I30 N Project C Hanya Ada 600 Unit

Rencananya, crossover listrik ini akan digunakan untuk melakukan patroli di daerah St. Gallen. Selayaknya kendaraan pihak berwajib, Hyundai Kona Electric ini juga dibaluti dengan livery ciri khas kepolisian Swiss yang berwarna putih dan bergaris warna oranye.

Terdapat 13 armada dari SUV kompak Kona listrik yang digunakan

Di sisi lain, mobil tersebut juga turut dilengkapi dengan lampu strobo dan standar perangkat pendukung lainnya untuk menunjang kebutuhan para petugas. Hyundai juga mengatakan, bahwa pemilihan Kona Electric oleh pihak berwenang di St. Gallen, setelah melalui prosedur seleksi dan pengujian yang ketat.

"Polisi sangat terkesan bahwa Kona menawarkan ruang untuk lima orang, dan menghasilkan tenaga hingga 201 dk dalam bentuk terbarunya. Selain itu, ia memiliki jangkauan maksimum 449 km pada siklus WLTP," ujar Hyundai.

Mempertegas statusnya

Hanspeter Krusi selaku Kepala Komunikasi di kepolisian daerah St Gallen, mengatakan, penggunaan kendaraan listrik sebagai mobil patroli, telah memenuhi peraturan di wilayah tersebut, terutama untuk mengurangi kebisingan dan emisi gas buang.

Baca Juga: Kece Berat! Hyundai Pajang Kona Yang Sudah Dimodifikasi

"Ketika saya melihat kemajuan teknologi pada Kona Electric, kami lantas berbicara lebih banyak untuk melakukan pembelian tersebut," kata Hanspester. Dia juga menambahkan, bahwa dibanding dengan kendaraan konvensional, harga beli mobil listrik memang sedikit lebih tinggi.

Namun, hal tersebut diimbangi oleh biaya pemeliharaan yang lebih rendah. "Ini artinya kita menggunakan 100 persen listrik, dengan biaya perawatan yang ringan," pungkas Hanspester. Keren juga ya!