POPULAR STORIES

Hyundai Robotic Charging Arm, Alat Bantu Mengecas Mobil Listrik

Hyundai Robotic Charging Arm, Alat Bantu Mengecas Mobil Listrik Mobil listrik Hyundai (Foto : Hyundai).

KabarOto.com - Hyundai kembali berinovasi dengan Robotic Charging Arm, sebuah robot lengan untuk membantu pemilik mobil listrik dalam melakukan pengecasan di tempat pengisian umum.

Robot ini dapat bekerja baik di dalam maupun di luar ruangan, untuk membantu menyederhanakan pengalaman pengisian baterai mobil.

"Lebih mudah dan nyaman dalam melakukan pengisian, terutama di lingkungan yang gelap. Ini juga akan meningkatkan aksesibilitas, terutama bagi orang dengan hambatan mobilitas, karena kabel pengisi daya lebih tebal dan berat, untuk pengisian daya berkecepatan tinggi," kata Dong Jin Hyun, Head of Robotics Lab, Hyundai Motor Group.

Baca Juga : Hyundai Resmikan Fasilitas Ultra Fast Charging Station Di Plaza Indonesia

Robot ini menggunakan teknologi AI berbasis kamera 3D, untuk menyambungkan kabel pengisi daya, ke port kendaraan, kemudian menariknya kembali setelah baterai penuh.

Walau terlihat sederhana, tapi Hyundai mengklaim, robot satu tangan ini cukup rumit, karena harus menyesuaikan posisi kendaraan yang diparkir. Sebab dapat sangat bervariasi, dan juga bentuk, serta sudut port pengisian daya. Lalu jika di luar ruangan, robot ini harus dinilai tahan air dan tahan debu, supaya tidak terjadi kesalahan.

Baca Juga : Sambut Bulan Ramadan, Hyundai Gelar Promo Dan Program Mudik Bareng Stargazer

Hyundai akan menunjukkan robot pengisian otomatis ini di Seoul Mobility Show 2023, berlangsung mulai dari 31 Maret hingga 9 April mendatang.