POPULAR STORIES

Hyundai Suntik Dana Rp 3.6 Triliun Ke Grab Untuk Kembangkan Kendaraan Listrik

Hyundai Suntik Dana Rp 3.6 Triliun Ke Grab Untuk Kembangkan Kendaraan Listrik Mobil Konsep Hyundai (Hyundai)

KabarOto.com - Hyundai Motor Group (HMG) dan Grab Holdings Inc. (Grab), baru saja mengumumkan perjanjian bisnis baru. Dimana Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation, yang keduanya di bawah payung HMG akan menginvestasikan tambahan dana US$ 250 juta atau setara Rp 3,6 triliun ke Grab dan membangun kemitraan untuk memulai program Electric Vehicle (EV) di Asia Tenggara.

"Sebagai rumah bagi salah satu hub konsumen yang tumbuh paling cepat di dunia, Asia Tenggara adalah pasar yang berkembang pesat untuk EV," kata Dr. Youngcho Chi, Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group dan kepala Divisi Strategi & Teknologi.

Simbolis kerjasama Grab dan Hyundai

Lebih lanjut Chi juga mengatakan, bahwa dengan pelanggannya yang terus berkembang, Grab dinilai cocok untuk membantu Hyundai mempercepat program kendaraan listrik, khususnya di wilayah Asia Tenggara.

Sebagai langkah awal, Grab, Hyundai dan Kia akan meluncurkan serangkaian proyek percontohan EV di Asia Tenggara. Negara pertama yang ditunjuk untuk memulai adalah Singapura, yang rencananya akan berlangsung pada tahun 2019.

Baca Juga: Buruan! Lagi Ada 'Pemutihan' Denda Pajak Kendaraan Bermotor Di DKI

Nantinya, proyek percontohan tersebut akan fokus pada penggunaan EV, untuk memaksimalkan efisiensi biaya operasional mitra pengemudi Grab.

Kemitraan ini juga akan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan regional termasuk pemerintah, untuk meningkatkan infrastruktur EV di wilayah tersebut, seperti membangun jaringan stasiun pengisian cepat misalnya.

Tak hanya itu, untuk urusan perawatan kendaraan listrik tersebut juga telah dirancang dengan matang, dengan pengembangan paket perawatan yang disesuaikan untuk driver Grab EV dan melakukan penelitian tentang bagaimana EV dapat paling efisien diterapkan di Asia Tenggara di bawah kondisi iklim yang panas dan lembab.

Baca Juga: Lihat Nih, Deretan Foto Mobil Keren Di IMX 2018

"Sebagai pemilik armada EV terbesar di Singapura, kami bersemangat untuk membangun kemitraan industri dengan Hyundai Motor Group untuk mendorong adopsi EV di seluruh Asia Tenggara. Kami berdua berbagi visi yang sama tentang elektrifikasi mobilitas sebagai salah satu pondasi kunci untuk membangun platform transportasi yang ramah lingkungan dan biaya terendah," kata Ming Maa, Presiden Grab.

Grab adalah salah satu penyedia transportasi berbasis online yang paling sering digunakan di Asia Tenggara. Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh ke lebih dari 125 juta perangkat seluler, memberi pengguna akses ke lebih dari 8 juta pengemudi.