POPULAR STORIES

IMX 2020 Ingin Angkat Derajat Produk Aftermarket Lokal

IMX 2020 Ingin Angkat Derajat Produk Aftermarket Lokal Kabaroto

KabarOto.com - National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) melalui perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 akan bergulir ketiga kalinya tahun ini. Andre Mulyadi selaku Founder NMAA bilang, tahun 'spesial' ini juga menjadi pembeda gelaran IMX dibanding tahun-tahun sebelumnya yang rencananya bakal diselenggarakan secara virtual terkait pandemik virus Corona atau Covid-19 yang masih terus berlangsung.

Andre, sapaan akrabnya, juga bilang kalau IMX 2020 ini bakal jadi kesempatan para aftermarket untuk 'menjual' namanya di negaranya sendiri. "Sayangnya memang banyak yang belum familiar dengan beberapa produk aftermarket lokal yang justru berkualitas internasional, bahkan sudah mengekspor produknya ke tingkat global," ujar pentolan rumah modifikasi Signal Kustom tersebut.

Misalnya, pria yang bermukim di Bandung, Jawa Barat tersebut juga sempat menyebut Pako Wheels dari Pako Group yang bermarkas di Jakarta Utara. "Mungkin banyak yang belum tahu kalau Pako Wheels itu yang mengekspor produknya jadi OZ Wheels yang peleknya biasa dipakai di mobil-mobil modifikasi. Nah, itu salah satu dari sekian banyak merek yang harusnya kita banggakan sebagai produk lokal yang sudah 'go international'," ujar pria berkacamata tersebut.

Baca Juga: Tren Dan Gaya Modifikasi Mobil Saat Ini Menurut Andre Mulyadi

Contoh lainnya adalah Karma bodykit yang lahir di Indonesia dan namanya kini sudah merambah ke ranah global dengan sangat pesat, "Nah, Karma bodykit juga jadi salah satunya yang sudah menyasar Amerika sebagai pasarnya, justru permintaan itu (body kit) banyak sekali dari sana (Amerika Serikat)," imbuhnya saat live Instagram bareng KabarOto (04/07).

Andre bilang, persentase distribusi bodykit berlabel Karma tersebut sebagian besar untuk di-ekspor, "Sebanyak 80 persen untuk pasar Amerika, lokal hanya 20 persen. Sekarang, Kiki justru hanya tinggal memetik hasil dan memilih distributor untuknya untuk pasar luar negeri," tutup Andre. Wah, keren kalau semua produk aftermarket Indonesia bisa mendunia. Good luck!