Indonesia Automodified (IAM) 2019 Punya Regulasi Baru, Apa Saja?

Indonesia Automodified (IAM) 2019 Punya Regulasi Baru, Apa Saja? Foto: Kipli

KabarOto.com - Indonesia Automodified yang bakal memulai seri perdananya pada 23-24 Maret di Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur, ajang ini diklaim akan memamerkan mobil-mobil modifikasi terbaik maupun produk-produk aftermarket dan lifestyle otomotif di tiap serinya. Kompetisi modifikasi ini memperebutkan lebih dari 150 penghargaan bergengsi, inilah yang menjadi daya tarik utama dari IAM MBtech.

Mengikuti format yang baru diperkenalkan tahun lalu, tahun ini sebagian besar awards utama, termasuk gelar King of Automodified, akan dibagi dalam kelas Players dan Tuners.

Kelas Players dimaksudkan bagi mobil-mobil yang dimodifikasi lebih ekstensif dan mayoritas diperuntukkan untuk dipertandingkan dalam kompetisi mobil modifikasi daripada digunakan harian. Di kelas ini, tidak terdapat batasan terhadap sektor mana yang boleh dimodifikasi kecuali pada batasan yang terdapat dalam peraturan umum IAM MBtech di tahun ini, seperti tidak diperbolehkannya untuk melakukan perubahan pada jumlah maupun jarak sumbu roda.

Baca Juga: Bugatti Luncurkan Mobil Termahal Di Dunia, La Voiture Noire

Sementara kelas Tuner dimaksudkan bagi mobil-mobil dengan modifikasi non-ekstrim dan masih terbilang fungsional untuk digunakan sehari-hari.

Pada kelas ini, terdapat beberapa batasan teknis yang tidak boleh dilewati bila kompetitor bermaksud untuk berkompetisi di kelas ini, diantaranya tidak diperbolehkannya body conversion alias mengubah bentuk asli mobil, menghilangkan pilar-pilar struktur pada mobil, modifikasi pada bukaan engsel pintu dan bagasi, serta penggunaan sistem motorized.

"Melalui penyelenggaran IAM MBtech 2019 di 14 kota di Indonesia, serta International Automodified di Bangkok, Thailand, dan Kuala Lumpur, Malaysia, Automodified diharapkan akan kembali mencatatkan diri sebagai event pameran modifikasi otomotif terbesar dan terluas yang diselenggarakan di tanah air, sekaligus dalam skala regional ASEAN," kata Reza Sliwarga dalam jumpa pers di Jakarta Selatan, Selasa (12/3/2019).

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mobil-mobil yang berhasil meraih awards akan meraih poin Elite, yang merupakan pengumpulan poin bersistem klasemen (championship). Elite point bersifat akumulatif dari 14 seri penyelenggaraan IAM MBtech di Indonesia.