POPULAR STORIES

Indonesia-Singapura Akan Terhubung Melalui Taksi Terbang?

Indonesia-Singapura akan Terhubung Melalui Taksi Terbang? Ilustrasi taksi terbang di Singapura (Dok: Volocopter)

KabarOto.com – Perusahaan asal Jerman bernama Volocopter akan mengoperasikan taksi terbang di Singapura pada tahun 2024.

Volocopter mengklaim telah membuat kemajuan di semua jenis teknologi lepas landas dan mendarat vertikal (eVTOL) bertenaga listrik dalam beberapa tahun terakhir dan merilis road map layanan taksi terbang bernama Velocity.

Pada awalnya, taksi terbang ini akan beroperasi di wilayah Singapura saja. Namun, tidak menutup kemungkinan akan melayani lintas negara berjarak dekat, seperti Indonesia dan Malaysia.

Baca Juga : Taksi Terbang Bakal Beroperasi Di Singapura Tahun 2024

Rute taksi terbang VoloCity itu akan dimulai dari Bandara Changi, Singapura, menuju Batam, Kepulauan Riau, dengan waktu tempuh selama 20 menit saja. Nantinya, taksi terbang VoloCity juga akan membuka rute ke Pulau Bintan. Sedangkan, untuk rute Volocopter ke Malaysia adalah menuju Ibrahim International Business District di Johor Baru dapat ditempuh dalam waktu 30 menit.

Volocopter GmbH mengklaim dengan kehadiran taksi terbang sangat membantu masyarakat ketika ingin bepergian ke suatu tempat. Sebagai perbandingan, perjalanan menuju Ibrahim International Business District dapat memakan waktu selama tiga jam jika melalui jalur darat.

Baca Juga : Hyundai Fokus Menghadirkan Taksi Terbang Sebelum Tahun 2030

Namun sebelum melakukan perjalanan ke wilayah perbatasan, Volocopter akan membuka rute domestik terlebih dahulu dari Pulau Sentosa menuju Marina Bay.

Soal tarif, kabarnya taksi terbang Volocopter akan dikenakan biaya sebesar 300 euro atau sekitar Rp 4,8 jutaan. Tarif tersebut hanya untuk durasi terbang selama 15 menit saja.