POPULAR STORIES

Indonesia Peringkat 11 Dunia Dalam Produksi Kendaraan Bermotor

Indonesia Peringkat 11 Dunia dalam Produksi Kendaraan Bermotor Peresmian GIIAS 2023 (KabarOto/Sigit)

KabarOto.com - Indonesia menduduki peringkat 11 dunia dalam memproduksi kendaraan bermotor. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi dalam pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/8).

"Secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia menduduki peringkat ke-11 sementara untuk penjualan domestik Indonesia berada di posisi ke-14," ucap Nangoi dalam pembukaan pameran otomotif.

Baca Juga: GIIAS 2023 Resmi Dibuka, Diharapkan Melebihi Transaksi Tahun Lalu

Berdasarkan data Gaikindo, Indonesia pada 2022 memproduksi 1.470.146 unit kendaraan bermotor. Sementara itu, terjadi kenaikan angka ekspor kendaraan bermotor hingga 60 persen pada tahun yang sama dengan lebih dari 470.000 unit ke 93 negara tujuan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai peringkat Indonesia dalam produksi kendaraan bermotor bisa lebih ditingkatkan hingga masuk 10 besar dunia. Terlebih, saat ini ada 21 perusahaan memproduksi kendaraan bermotor.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Sigit/KabarOto)

Ia berharap, ke depan bisa ditingkatkan kembali angka produksi kendaraan bermotor. "Kalau 11 itu main bola, kita inginnya main futsal, jadi minimal naik di bawah 10," kata Airlangga.

Sementara terkait capaian ekspor, Airlangga mengatakan jumlah tersebut bisa terus digenjot hingga mencapai 500 ribu unit. Dia optimis target tersebut bisa dicapai oleh para pelaku industri otomotif di Tanah Air.

Baca Juga: Noisekill NK-80 Air, Peredam Mobil Listrik Meluncur Di GIIAS 2023

"Kalau tahun lalu ekspornya 470 ribu unit tahun ini targetnya 500 ribu unit, dan itu sebetulnya target kecil. Itu cuma menambah 30 ribu unit. Jadi ini mudah-mudahan menunjukkan bahwa kita mempunyai daya saing yang kuat dan mengekspor ke 93 negara," kata Airlangga.