POPULAR STORIES

Industri Otomotif Bangkit, Penjualan Mobil Mencapai 85.000 Unit Per Bulan

Industri Otomotif Bangkit, Penjualan Mobil Mencapai 85.000 unit Per Bulan Booth Toyota di GIIAS 2021

KabarOto.com - Industri otomotif sempat dilanda badai Pandemik Covid-19 tahun 2020 lalu. Tahun lalu, penjualan mobil sempat ke angka 5.000 unit. Namun, tahun 2021 ini, industri ini mengalami peningkatan, penjualannya tembus di angka 85.000 per bulan, hampir mendekati angka di kondisi normal yaitu 9.000 unit.

Saat Closing Night GIIAS 2021 yang berlangsung secara virtual, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi, mengingatkan kembali saat industri otomotif Indonesia masuk ke dalam masa suram, di awal 2020 lalu.

Baca juga: All New Toyota Avanza Dan Veloz Catatkan Jumlah SPK Terbanyak Di GIIAS 2021

"Kita rata-rata penjualan satu tahun 1,1 juta, bahkan kita pernah mencapai 1,2 juta. Jadi per bulan kita bisa sekitar 95 ribu sampai 100 ribu," ungkap Nangoi, Sabtu (20/11/2021).

Saat Pemerintah mengumumkan Indonesia terdampak Pandemik Covid-19, penjualan Mei menurut Nangoi hanya 5.000 unit. "Jadi kita turunnya dari 95 ribu ke 5.000. Sementara kita punya jutaan pegawai yang harus kita kasih makan dan itu luar biasa beratnya, terutama ketika terjadi lockdown," terangnya.

Namun, perlahan mulai bangkit, produksi tetap dilakukan meski jumlahnya terbatas. Pemerintah juga mendukung industri ini. Dengan PPnBM yang diberikan, tahun 2021 ini penjualan pun membaik, performanya mendekati angka di masa normal.

"Jadi bagaimana kita membangkitkan lagi orang supaya mau beli mobil itu luar biasa," tambahnya. Ia pun bersyukur, adanya support dari pemerintah dan beberapa kegiatan, bulan Oktober lalu penjualan sudah mencapai angka 85 ribu. Dari angka ersebut, menunjukkan jika masyarakat sangat antusias, keinginan untuk memme;anjakan uangnya sudah kembali.

hadirnya pameran otomotif GIIAS, yang berlangsung 11-21 November 2021, juga turut memberi stimulasi terhadap industri otomotif juga sektor-sektor bisnis pendukung lainnya.

"Diselenggarakannya GIIAS di pengujung tahun, kita bisa melihat bahwa hajatan ini memiliki dampak magnet yang luar biasa," tambahnya. Ada puluhan ribu orang pegawai yang terlibat dalam kegiatan ini.

Baca juga: Daftar Peraih Penghargaan Di GIIAS 2021

"Di situ ada APM-nya, nona-nona manisnya yang memamerkan mobil, dan kita tidak bisa lupakan juga seperti tukang lap mobil aja berperan di situ. Jadi betul-betul dari atas sampai bawah itu ter-cover," paparnya.