Info Penting Bagi Wanita Yang Sering Mengendarai Motor

Info Penting Bagi Wanita yang Sering Mengendarai Motor Dua orang wanita berboncengan naik motor matik tanpa menggunakan helm

KabarOto.com - Sepeda motor menjadi pilihan semua orang untuk beraktivitas. Selain irit bahan bakar, juga ringkas dibawa kemana saja. Tak salah apabila sepeda motor ini menjadi sarana transportasi paling diminati saat ini. Tak hanya laki-laki, banyak wanita juga kerap menggunakan sepeda motor.

Saat berada di jalan raya, kita sering menemukan pengendara motor wanita yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Bahkan di antara mereka tidak menggunakan perlengkapan keselamatan.

Baca Juga: Begini Cara Agar Lolos Uji Emisi

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora memberikan beberapa tipsmengendarai sepeda motor untuk wanita.

1. Perlengkapan Berkendara
Perlengkapan berkendara yang wajib digunakan adalah helm untuk melindungi kepala dari benturan benda keras. Jaket dan sarung tangan melindungi tubuh dari luka jika terjatuh. “Jangan sampai mengabaikan perlengkapan berkendara tersebut karena dapat melindungi pengendara,” terang Ludhy.

Wanita mengendarai motor bersama anaknya tanpa menggunakan helm

2. Kelengkapan Surat
Kelengkapan surat diperlukan saat mengendarai sepeda motor di jalan raya. Surat-surat penting seperti STNK, SIM, KTP lengkap dan masih berlaku sesuai aturannya. “Ini diperlukan, jika ada pemeriksaan surat-surat oleh petugas Kepolisian di jalan raya," tambahnya.

3. Gunakan Sepatu yang Tepat
Gunakan alas kaki seperti flatshoes dan sneakers. Jangan menggunakan sepatu hak tinggi hak tinggi seperti wedges, heels, dan sejenisnya. Karena menurut Ludhy akan akan mempengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor di jalan raya.

4. Hindari Memakai rok
Ludhy mengatakan, pengendara motor wanita tidak dianjurkan menggunakan rok saat mengendarai motor. Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat, yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Radiator Sepeda Motor

Rok juga akan menyigap ke belakang saat terkena angin, dan sangat berbahaya. Jika memang harus menggunakan rok karena bekerja atau menghadiri satu acara, Ludhy menyarankan gunakan celana terlebih dahulu. "Pakai celana dulu saja, nanti ganti di toilet jika sampai tujuan," terangnya.