Begini Cara Agar Lolos Uji Emisi

Begini Cara Agar Lolos Uji Emisi Petugas melakukan uji emisi

KabarOto.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan pengendara bermotor yang masuk ke Ibu Kota wajib melakukan uji emisi terlebih dahulu. Peraturan tersebut mulai berlaku 24 Januari ini. Lalu apa syarat lolos uji emisi?

Sesuai Peraturan Menteri No. 05 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama, untuk mobil mesin bensin produksi di atas 2007, ambang batas emisi gas buang di Indonesia disesuaikan dengan parameter karbon monoksida (CO) 1,5% Vol dan hidrokarbon (HC) 200 ppm Vol.

Baca Juga: Dalam Sehari Tempat Uji Emisi Gratis Ini Didatangi 70 Kendaraan

Reza, mekanik Auto2000 yang ditemui KabarOto.com di Kantor Suku Dinas Lingkungan Hidup, Jakarta Barat menyatakan, kendaraan harus dipastikan saluran masuk bahan bakar dan filter udara dalam keadaan bersih. "Itu akan memengaruhi pada angka HC," terangnya, Rabu kemarin (20/1).

Karena, komponen yang kotor bisa menghambat aliran udara yang masuk ke ruang mesin. Di mana angka HC bisa semakin tinggi, sebab pasokan udara yang kurang saat proses pembakaran. "Koil dan busi harus selalu dalam kondisi prima ketika uji emisi," terangnya.

Selain itu, mesin mobil harus bekerja dalam suhu yang optimal, saat melakukan uji emisi. "Periksa sistem pendingin dan pelumas mesin. Oli yang ikut terbakar akan meningkatkan angka CO," tambahnya.

Oli yang terbakar juga akan memberi beban yang berat saat mesin bekerja, sehingga emisi gas buang susah untuk dikendalikan. Sensor oksigen juga harus dalam kondisi bersih dan tidak rusak. "Karena tugas kedua komponen ini sangat berat, untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna," tambah dia lagi.

Kondisi catalytic converter di knalpot mobil juga harus diperhatikan. Karena tugasnya mengubah emisi gas buang beracun menjadi udara bersih. Mesin juga harus dalam keadaan standar, tidak dimodifikasi dan juga menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan, supaya pembakaran di ruang mesin bisa lebih sempurna.

Baca Juga: Agar Lolos Uji Emisi Harus Mencapai Angka Ini

"Pembakaran yang sempurna ini, bisa menekan angka CO karena minimnya endapan karbon di ruang bakar dari sisa pembakaran yang bermasalah," terang Reza lagi. Bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrik akan membuat mesin irit bensin dan terjaga performanya.