POPULAR STORIES

Inggris Stop Jual Mobil Bermesin Bensin Dan Diesel Mulai Tahun 2030

Inggris Stop Jual Mobil Bermesin Bensin dan Diesel Mulai Tahun 2030

KabarOto.com – Demi revolusi industri hijau, Inggris mempercepat larangan penjualan mobil bermesin bensin dan diesel mulai tahun 2030.

Perdana Menteri, Boris Johson telah mengumumkan telah mengalokasikan 12 miliar poundsterling untuk rencana luas yang diharapkan akan menciptakan hingga 250.000 pekerjaan dan membantu memenuhi target agar Inggris netral karbon pada tahun 2050.

Sebelumnya, Inggris berencana melarang penjualan mobil bensin dan diesel pada 2040. Tapi, dalam upaya untuk meningkatkan pasar mobil listrik di Inggris, batas waktu tersebut dipercepat hingga tahun 2030. Khusus untuk mobil hybrid, bisa bertahan hingga tahun 2035.

Baca Juga : Toyota Proace Verso Electric Dipasarkan Awal Tahun 2021

Meskipun penjualan mobil listrik di Inggris meningkat, akan tetapi populasinya masih sedikit. Bulan lalu, penjualan mobil listrik di Inggris masih di bawah 7 persen.

Menurut produsen otomotif, masih rendahnya angka penjualan mobil listrik di Inggris karena pendanaan besar untuk infrastruktur diperlukan untuk meyakinkan konsumen agar beralih ke kendaraan listrik.

Oleh sebab itu, pemerintah Inggris menyiapkan 500 juta poundsterling untuk membangun infrastruktur kendaraan listrik mulai tahun depan. Dengan dana tersebut, diharapkan dapat membantu membiayai koneksi jaringan baru untuk memungkinkan fasilitas pengisian baterai cepat.

Sebagai catatan, Inggris bersama Jerman, Irlandia, dan Belanda akan menghentikan penjualan mobil bensin dan diesel pada tahun 2030. Sedangkan, Norwegia akan menjadi negara pertama yang akan melakukan hal tersebut mulai tahun 2025.