POPULAR STORIES

Ingin Ganti Ban Mobil? Jangan Hanya Ukuran, Perhatikan Load Index

Ingin Ganti Ban Mobil? Jangan Hanya Ukuran, Perhatikan Load Index Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto mau mengganti ban, namun berbeda merek, jangan hanya perhatikan ukuran yang sama, namun hal penting lainnya adalah load index ban tersebut.

Ukuran load index ban biasanya ditulis di bagian paling belakang ukuran ban. "Biasanya ditulis di bagian belakang ukuran ban, misalnya 215/50 R17, nah belakangnya ada 97V atau 102V, itu namanya load index, atau ukuran berat yang bisa ditanggung ban itu," ujar Andreas Sendie, Area Sales Manager & Training Specialist Goodyear Indonesia.

Baca juga: Garansi Ban Goodyear Bikin Tenang Pelanggan

Contoh ukuran ban 205/55 R16 91V.

Oleh karena itu, pastikan mengganti ban dengan ukuran minimal sama seperti sebelumnya. Jangan sampai ukurannya lebih kecil, atau load index-nya lebih kecil dari standar.

"Karena kejadian paling sering begini, misalnya standarnya 102V. Tapi karena ada ban ukurannya sama, namun lagi promo padahal load index-nya hanya 92V itu jangan," jelasnya.

Baca juga: Accelera 651 Sport Drag Meluncur Di The Elite Show 2023

Usahakan mengganti ban jangan sampai di bawah spesifikasi standar.

Ini bertujuan agar kita mengetahui seberapa batas kemampuan ban itu sendiri, karena bila dipaksakan ada potensi ban bisa pecah di jalan, sebab tidak kuat menahan bobot mobil dan penumpang.