POPULAR STORIES

Ingin Mudik Menggunakan Mobil? Barang-Barang Jangan Ketinggalan

Ingin Mudik Menggunakan Mobil? Barang-Barang Jangan Ketinggalan Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Bagi yang merayakan, sebentar lagi masa mudik Lebaran akan tiba. Perjalanan pulang ke kampung halaman bisa ditempuh menggunakan pesawat, kereta, atau bus, namun jika Sobat KabarOto.com menyetir sendiri, pastikan barang-barang ini ada di mobil.

"Perkakas standar bawaan mobil itu wajib ada, tambahan lain yang juga cukup penting dibawa seperti halnya air coolant, oli mesin, dan cairan rem Buat berjaga - jaga saja," ujar Suparman selaku Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso.

Dongkrak

Dongkrak jadi menu paling wajib ada apabila misalnya mobil mengalami pecah ban. Posisi dongkrak dan cara mengaksesnya harus diketahui oleh pemilik mobil, agar dapat mengerjakan penggantian ban serep secara darurat.

Selain itu segitiga pengaman juga memiliki peran penting agar pengendara lain tahu bahwa ada mobil yang sedang mengganti ban, atau mengalami permasalahan.

Baca Juga : Dongkrak Mobil Jangan Asal, Ini Tipsnya!

Buku Manual

Walau jarang dibaca, buku manual jadi panduan lengkap bila kalian mengalami masalah teknis di tengah perjalanan. Sehingga sebagai pemilik tahu apa yang harus dilakukan, misalnya saja mengetahui posisi dongkrak, ataupun posisi aman di mobil ketika didongkrak.

Kabel Jumper

Kabel jumper juga tidak kalah penting, berguna saat aki mengalami soak sehingga mobil tidak dapat dinyalakan. Maka kabel jumper berguna untuk menyalakan mobil yang mogok dari mobil donor, setidaknya hingga mencapai tempat aman dan mendapatkan aki baru.

Chemical

Berbagai cairan pun jangan ketinggalan misalnya air radiator coolant, air wiper, air aki, cairan rem, contact cleaner, hingga oli mesin, untuk sekadar menambahkan bila sedikit berkurang.

Baca Juga : Goodyear Resmikan Outlet Baru Dan Tebar Promo Ramadhan

Kotak P3K

Menjadi pertolongan pertama saat mobil mengalami insiden, atau misalnya pengemudi atau penumpang terluka, atau sakit ringan di tengah perjalanan.

Peralatan Aftermarket Praktis

Selain itu Sobat KabarOto juga bisa membawa beberapa peralatan lain yang praktis. Misalnya saja lap microfiber dan semprotan waterless wash jika mobil kotor di jalan bisa kita lap sendiri.

Lalu kompressor mini pun sudah banyak dijual di pasaran, bentuknya kompak tinggal dicolok ke soket 12V, dan tinggal mengisi angin melalui pentil ban hingga tekanan yang disesuaikan.

Soket dan kabel charger juga jadi salah satu yang wajib ada saat ini. Sekarang semua dapat dilakukan menggunakan smartphone, mulai dari media, navigasi, senter, hingga telpon darurat, sehingga menjaga daya smartphone selalu menyala sangat penting saat perjalanan jauh.

Selain itu pemadam api ringan, mungkin untuk mobil-mobil baru sekarang sudah ada APAR. Namun jika mobilnya belum dibekali, sebaiknya dilengkapi untuk berjaga,jaga.