POPULAR STORIES

Ingin Selamat Di Jalan? Ini Tips Berkendara Dari Astra Honda Motor

Ingin Selamat di Jalan? Ini Tips Berkendara dari Astra Honda Motor Foto: Kipli

KabarOto.com - Indonesia masih menggunakan sepeda motor masih menjadi salah satu kendaraan wajib untuk transportasi. Maka dari itu, kewajiban para bikers adalah menjaga keamanan, kenyamanan, sekaligus kesehatan untuk diri sendiri dan orang lain, terlebih di saat pandemi ini.

Johanes Lucky Margo Utomo selaku Safety Riding Department Head PT Astra Honda Motor bilang agar para bikers memastikan kondisi tubuh sehat secara jasmani dan rohani, lakukan juga pemeriksaan kendaraan secara berkala, serta pemanasan sebelum berkendara.

”Berkendara sepeda motor tanpa perlengkapan berkendara tidak kami sarankan. Perangkat naik motor harus dipakai Agar berkendara tetap aman dan nyaman. Tubuh kita butuh perlindungan dari efek benturan, benda asing, cuaca, atau bahkan virus dan penyakit yang mengintai,” ujar Lucky.

Berikut daftar perlengkapan berkendara yang perlu menjadi perhatian dan menjadi peranti wajib versi AHM:

1. Helm

Helm berfungsi melindung kepala dan otak kita dari dampak negatif benturan dengan jalan, benda asing, juga polusi udara. Contohnya, asap knalpot kendaraan lain yang tidak langsung terpapar ke mata saat menggunakan kaca helm dengan baik.

Helm juga harus berlabel SNI yang sudah melalui tahap pengetesan, gunakan helm pribadi agar lebih higienis sehingga tidak menimbulkan masalah pada rambut, wajah atau kulit pengendara yang diakibatkan kuman, jamur, atau bahkan bakteri dan virus tertentu. "Paling penting, seberapa mahal helm, bila tidak di-klik tali helmnya, maka helm itu tidak berfungsi dengan baik,” kata Lucky.

2. Jaket

Jaket punya banyak fungsi, untuk melindungi tubuh dari kontak benda, paparan cuaca dan polusi. Sebaiknya pilih yang berlengan panjang dan berwarna cerah yang membuat mudah teridentifikasi oleh pengendara lain.

”Jangan memakai jaket kulit di daerah bersuhu panas, karena akan menyebabkan dehidrasi pada pengendara sehingga mengganggu konsentrasi akibat kekurangan cairan dan juga kenyamanan pengendara saat berkendara,” jelas Lucky.

3. Sarung Tangan

Menggunakan sarung tangan harus yang menutupi semua bagian telapak dan jari, berukuran pas, sehingga nyaman saat digunakan dan tidak mengganggu proses pengendalian sepeda motor.

Baca Juga: Pilih Fork Yang Nyaman Untuk Vespa? Simak Tips Ini

4. Celana Panjang

Memiliki fungsi sebagai pelindung sama seperti yang lainnya, spesifikasi celana panjang yang dianjurkan adalah berukuran pas, berbahan nyaman dan sesuai kondisi cuaca.

5. Sepatu

Sepatu cegah kontak langsung kaki dengan jalan, benda asing atau terpapar langsung oleh panas mesin, cuaca dan polusi. Menurutnya, penting untuk menggunakan sepatu berukuran pas untuk memaksimalkan pengendalian terhadap rem belakang, pedal perseneling (model sport dan cub), juga saat menurunkan kaki bila kendaraan berhenti.

”Gunakan sepatu yang menutup sampai dengan mata kaki demi melindungi persendian saat berkendara dan menurunkan potensi terkilir saat terjadi kesalahan dalam menurunkan kaki. Ikat rapi talinya, atau menggunakan sepatu yang tidak bertali untuk memperkecil potensi tersangkut. Jangan lupa kaos kaki untuk melindungi dampak gesekan kulit dan sepatu,” ujar Lucky.

Ia selalu mengingatkan untuk jaga etika dan respek dengan pengendara lain. Misalnya, tidak melanggar peraturan lalu lintas dan melawan arus yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, atau tidak melakukan aktivitas di luar berkendara, seperti mengobrol, bercanda, karena menurunkan konsentrasi sebagai pengendara.

”Merokok dan meludah sembarangan saat berkendara juga tidak boleh. Selain dapat membahayakan diri sendiri, aktivitas tersebut juga membahayakan pengendara lain dari dampak negatif abu, putung rokok, juga virus, atau kuman yang terbawa oleh air liur. Lebih penting, jangan lupa berdo'a sebelum berkendara,” ucap Lucky.