POPULAR STORIES

Pilih Fork Yang Nyaman Untuk Vespa? Simak Tips Ini

Pilih Fork yang Nyaman untuk Vespa? Simak Tips Ini Fork kaki 2 (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Vespa klasik punya daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Wajar jika pemiliknya kerap mendandani agar kuda besi asal Italia-nya tersebut nyaman untuk dikendarai. Nah, untuk kaki-kaki, pastinya jadi salah satu prioritas dalam restorasi motor, terutama bagian fork.

Mengganti suspensi baru lengkap beserta komponen lain di kaki-kaki memang cukup menguras kantong, nah, banyak yang mengakalinya dengan menggantinya dengan fork satu set copotan. Namun, jangan asal pilih, karena Sobat KabarOto harus kenali dulu karakternya.

"Kalau ganti model kaki 2 seperti Excel dan PX memang as ayun rentan oblak," ujar Wisnu punggawa bengkel Jond Scooter Shop, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Nih Cara Bikin Vespa Lawas & Modern Kencang !

Ia bilang, baiknya pakai kaki 3 milik Vespa PS yang cenderung lebih awet jika digunakan. "Iya, kalau dihitung, estimasi biaya untuk bubut, reparasi as ayun dan lainnya hampir bisa untuk beli fork kaki 3 copotan," imbuh pria berambut panjang itu.

Contoh fork kaki 3

Ragil dari Jagakarsa Garage pun mengamini pernyataan tersebut, ia bilang memang ada beberapa alasan mengapa fork kaki 3 lebih awet digunakan untuk Vespa Sobat KabarOto.

"Kualitas as ayun terutama bagian bearing kaki 2 enggak sekuat kaki 3. Lalu, beban yang ditumpu as ayun kaki 2 lebih berat daripada kaki 3," ujarnya.

Baca juga: Daftar Mobil Honda Paling Laris Bulan Juni 2020

Ragil melanjutkan, fork kaki 2, semua beban ditumpu oleh as ayun, selain itu kualitas sokbreker juga berpengaruh. Sokbreker produksi sekarang cenderung lebih keras dari orisinal atau bawaan motor.

Pria yang kerap berkutat dengan Vespa small frame tersebut menambahkan jika karet buffer atas sokbreker fork kaki 2 sudah kempes, bisa membuat sokbreker goyang dan bisa berpotensi membuat as ayun goyang.

Nah, sekarang jadi paham kan harus pilih yang mana?