POPULAR STORIES

Nih Cara Bikin Vespa Lawas & Modern Kencang !

Nih Cara Bikin Vespa Lawas & Modern Kencang ! Foto: Kipli

KabarOto.com - Pemilik dan pemain skuter asal Italia, yakni Vespa memang kian hari makin menjamur. Tentunya ada beberapa faktor yang melatarbelakangi alasan tersebut, misalnya seperti keunikan dan performa mesinnya yang tak bisa dipandang sebelah mata lagi.

Apalagi kelas yang diperlombakan oleh kejuaraan Vespa Balap Indonesia di sirkuit sentul kian banyak peminatnya, bahkan karena minimnya penyaluran hasrat balap, kawasan bagian Selatan Jakarta pun kerap dijadikan trek liar dadakan pada malam hari.

Nah, salah satu bengkel bernama VBSD yang bermarkas di Jl. Cilenggang Raya No.3, BSD, Tangerang Selatan yang piawai dalam merombak Vespa balap pun angkat bicara. "Zaman sekarang sudah enak, ada paketnya dari beberapa aftermarket seperti Malossi, Polini, Pinasco dan masih banyak lagi," buka Heru, Owner divisi mesin dari bengkel VBSD.

Pria yang juga doyan utak-atik mobil balap itu bilang kalau paling lazim aftermarket menyediakan paket bore-up 177 cc untuk Vespa 4-tak atau modern. "Kalau yang sampai 220 cc terus 235 cc juga bisa, tapi kita custom," imbuhnya.

Baca Juga: Tips Restorasi Vespa Klasik Ala Pakar Skuter

Paket aftermarket yang ditawarkan meliputi cylinder head, piston, ring piston, klep, per klep dan stang piston. "Untuk level yang sama, memang aftermarket lebih mahal ketimbang custom, contohnya ketika upgrade 177 cc, aftermarket bisa dibanderol Rp 11 juta sedangkan custom hanya memakan Rp 6 jutaan dengan spek yang lebih tinggi," beber pria yang rajin turun balap itu.

"Kalau mau level lebih tinggi lagi yang spek sudah pakai radiator, itu untuk custom bisa kena 10 jutaan termasuk membuat jalur radiator dan kit-nya, sedangkan jika pakai produk aftermarket bisa belasan hingga puluhan juta tergantung merek apa yang dipakai," kata pria yang biasa mengoprek Vespa lawas dan anyar itu.

"ECU bisa pakai Ecutek Rp 450 ribuan, atau mau yang standalone seperti Juken yang harganya Rp 4 jutaan. Tergantung kebutuhan dan parameternya untuk apa dan speknya seperti apa," imbuhnya.

Nah, kalau 2-tak beda lagi, "kalau custom bisa pakai koil YZ, piston pakai TK, tapi kalau mau TK full kit ada, Pinasco juga bikin buat 2-tak," katanya. "Untuk biaya sih Rp 8 - 10 juta udah termasuk knalpot racing Best3, tapi kalau paketan Pinasco Rp 6 jutaan hingga Rp 7 jutaan" tandasnya.

Bicara tuning memang parameternya luas, apalagi Vespa 2-tak. Konon, jika mau larinya seperti Vespa yang lazim ditemui di ajang drag race Italia seperti Disco Frontale BSG Corse, siapkan saja dana seperti membeli mobil Innova. Edan !