Tips Restorasi Vespa Klasik Ala Pakar Skuter

Tips Restorasi Vespa Klasik ala Pakar Skuter Ada 4 poin penting dalam merestorasi dan mendandani Vespa kesayangan. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Dalam gelaran Parjo Red Carpet di Pekan Raya Indonesia 2018, ada yang menarik buat penggemar Vespa dan skuter yaitu 'Kongkow Vespa Akhir Pekan' di ICE BSD City (29/9/2018).

Acara ini merupakan wadah bagi para pengguna skuter dan pecintanya untuk berbagi ilmu dan solusi. Kali ini panitia menghadirkan om Beng, Founder dari Komunitas Indonesia Vespa Days, Dimdim & Mamad Brewok perwakilan dari Libscoot, dan Yoel Indra perwakilan dari Loakan Skuter (Loakster Indonesia).

Ngobrol bareng kali ini membahas tentang tren dan restorasi Vespa bersama para pembicara, dan ada 4 poin penting dalam merestorasi dan mendandani Vespa kesayangan.

Baca Juga: Profil - BMW G310R

Berikut tips restorasi ala pakar skuter:

1. Detail Vespa

Pertama, perhatikan skuter yang akan didandani. "Dari keutuhan badan atau bodi unit bisa dilihat. Apakah catnya masih utuh atau sudah dicat ulang? Apakah bodi skuter sudah banyak las? Lihat juga originalitas sepatbor, lantai dan parts lainnya," ujar om Beng.

Jika unit bodi masih utuh dan cat masih asli, opsinya bisa fokus ke original style, sebaliknya, jika bodi utuh namun
cat sudah repaint, lebih baik untuk mengarah ke gaya ‘restorasi’, retro atau mods.

2. Style

Ada banyak cara membuat Vespa jadi menarik, "Contohnya original style adalah unit Vespa orisinal dengan penambahan aksesori (variasi) orisinal. Sedangkan arah gaya restorasi itu mengarah kembali seperti saat unit keluar pabrikan," ujarnya.

Berbeda dengan orisinal, modifikasi retro itu bermain di warna cat, body part dan aksesori bisa dibuat secantik
mungkin tanpa mengubah bentuk Vespa/skuter.

Berbeda dengan gaya mods yang memiliki ciri khas dari pengendaranya yang stylist, ditambah unit yang menggunakan banyak spion, jok dan cover yang nyentrik.

Baca Juga: Indonesia Vespa Days 2018 Dihadiri 5000-an Skuteris Luar Pulau & Luar Negeri

3. Aksesori yang Tepat

Di dunia Vespa, value barang atau aksesori itu penting. Mungkin dari nilai sejarah atau keunikannya. Lakukan mix & match unit dengan aksesori agar pas.

Walau perhatikan juga apabila ada juga aksesori yang mungkin cocok dipasangkan dengan warna dan ‘style’ Vespa, tapi tidak cocok digunakan di jalanan.

4. Bujet

Modifikasi atau dandani Vespa itu memang tidak murah, tapi bisa juga jadi mahal kalau tidak tentukan limit bujet.
Coba dihitung dari awal dan tulis semua keperluan, bisa konsultasi kepada para ahli agar tidak salah arahan dan
tidak habis di ongkos.