POPULAR STORIES

Ingin Tampil Beda, Modifikasi Husqvarna Norden 901

Ingin Tampil Beda, Modifikasi Husqvarna Norden 901 Modifikasi Husqvarna Norden 901 (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – Salah satu unit dari 10 unit Husqvarna Norder 901 yang beredar di Indonesia, telah mendapatkan modifikasi unik dan tampil beda.

Motor adventure asal Swedia ini pertama kali meluncur di Tanah Air pada awal September lalu melalui 2Wheelies Indonesia. Kala itu, motor ini hanya masuk sepuluh unit saja dan salah satunya sudah mendapatkan modifikasi yang berbeda dari lainnya.

Baca juga: Husqvarna Svartpilen Dan Vitpilen 250 Terbaru Meluncur Di India, Ini Kebaruannya

Dokter Yoshi selaku pemilik motor mempercayakan ke Monkeywork Garage (MWG) untuk mengubah motor ini lebih nyaman di kendarai baik jalan off-road dan on-road.

“Iya, Dokter Yoshi sebagai pemilik motor mempercayai kami untuk mengerjakan Husqvarna Norden 901 miliknya. Beliau meminta, untuk membuat motor ini lebih nyaman dan ingin tampil beda di jalanan. Lantas, kami memberikan part yang terbaik agar dirinya puas untuk memakainya,” ungkap Om Herman selaku pemilik Monkeywork Garage.

Secara tampilan, motor ini sudah berubah jauh dari model standarnnya. Dengan menggusung decal kombinasi warna navy blue, light blue, kuning, dan putih ini karya dari RidersPB. Kombinasi warna ini masih dengan ciri khas line-up motocross pabrikan dari Eropa Utara tersebut.

Baca juga: Deus Ex Machina Modifikasi Yamaha XSR700 Menjadi Scrambler

Untuk bagian pelindung motor, Norden ini dibekali cover headlamp model mika original pabrikan adapun penggunaan crashbar dan skidplate dari SW-Motech. Kemudian penggunaan lowering kit suspensi depan dan belakang dari Hyperpro, menurunkan ketinggian sekitar 3 hingga 4 cm agar motor ini tidak terlalu tinggi saat digunakan. Untuk memberikan performa serta mengeluarkan suara lebih gahar telah terpasang knalpot Arrow Racetech titanium half-pipe.

Engine guard dan Skid plate dari SW-Motech

Penggunaan knalpot half-pipe ini diperuntukan agar menghindari remap jika harus menggunakan full system. Pihak MWG mengakalinya dengan menggunakan air filter BMC Racing agar asupan udaranya lebih baik serta performa yang lebih mumpuni.

Baca Juga : Profil Husqvarna Norden 901

Guna menunjang posisi riding dan pengendalian yang lebih baik, MWG memasang riser setang sekitar 3 cm dengan posisi yang sedikit ke belakang. Lalu, penambahan GPS Holder dari FXR dan spion Denali yang dapat menekuk sendiri saat terjatuh.

Soal performa, sayangnya motor ini belum melakukan tes dyno usai mendapatkan upgrade air filter dan knalpot. Tetapi, dalam keadaan standar motor ini dibekali unit 2 silinder paralel twin DOHC berkapasitas 899 cc yang memiliki keluaran tenaga 105 dk di 8.000 rpm dengan torsi 100 Nm di 6.500 rpm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan dengan Power Assist Slipper Clutch (PASC).