Profil Husqvarna Norden 901

Profil Husqvarna Norden 901 Husqvarna Norden 901 (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Swedia, Husqvarna meluncurkan motor adventure tertinggi mereka saat ini yaitu Husqvarna Norden 901 pada akhir 2021 lalu.

Pada awal September kemarin, akhirnya Norden 901 mendarat di Indonesia melalui 2Wheelies Indonesia. Saat ini, hanya 10 unit yang tersedia dan semuanya sudah ludes terjual dalam satu minggu saja.

Baca juga: 10 Unit Husqvarna Norden 901 Langsung Ludes

Secara tampilan, motor adventure ini menggusung desain neo-retro yang khas. Dengan lampu LED bulat dengan DRL khas serta terdapat fog lamp LED dapat diatur ketinggiannya secara manual. Pada area setang, disebelah kiri terdapat berbagai tombol untuk MID, dan cruise control. Sementara tombol untuk on/off fog lamp dengan pengaturan. Adapun penggunaan handguard yang cukup besar.

Pada bagian samping, motor ini terlihat simpel tanpa garis-garis desain rumit. Lalu, penggunaan jok konfugaris low seat ini cukup empuk dan nyaman untuk perjalanan jauh. Pada bagian fairing, motor ini mengusung motif peta topografi yang dikombinasikan dengan warna hitam, kuning, dan putih khas Husqvarna.

Dalam keadaan standar, motor ini sudah dibekali pannier untuk top box dan sidebox. Pada bagian belakang, lampunya sudah full LED dengan bentuk huruf U.

Baca juga: Selain KTM, Kini Monkeywork Garage Terima Servis Dan Modifikasi Husqvarna

Bagian kaki-kaki, suspensi depan mengandandalkan WP Apex 43 mm upside-down (USD) yang dapat diatur preload dan rebound. Adapun, bagian belakang mengandalkan monoshock WP Apex yang dapat diatur.

Pelek model jari-jari berkuran 21 inci untuk depan dan 18 inci untuk belakang. Pelek ini dibalut ban Pirelli Scorpion Rally STR berukuran 90/90 R21 untuk depan dan belakang 150/70 R18. Pelek dan ban tadi disandingkan dengan cakram ganda 320 mm berkaliper empat piston radial dan belakang cakram 260 mm berkaliper floating dua piston. Rem tersebut sudah didukung sistem ABS Bosch 9.1 ME.

Soal performa, Norden 901 ini dibekali mesin 2 silinder DOHC paralel twin berkapasitas 899 cc yang memiliki keluaran tenaga 105 dk di 8.000 rpm dengan torsi 100 Nm di 6.500 rpm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan dengan Power Assist Slipper Clutch (PASC).

Baca juga: Touratech Luncurkan Paket Aksesori Untuk Husqvarna Norden 901

Untuk fitur, motor ini dibekali Cruise Control, Riding mode (Street, rain, off-road) Traction Control 3 mode, Cornering ABS, dan ABS Off-road.

Norden 901 memiliki ground clearance 252 mm, seat height 854 mm, kapasitas tangki bbm 19 liter, dan bobot sekitar 204 kg. Soal harga, pihak 2Wheelies Indonesia menjual motor ini sekitar Rp 500 juta off the road. Jadi bagaimana Sob, tertarik untuk memiliki motor ini?