Ini Akibatnya, Jika Kick Starter Jarang Digunakan

Ini Akibatnya, Jika Kick Starter Jarang Digunakan Akibat Jika Kick Starter Jarang Digunakan.

KabarOto.com - Model motor zaman sekarang, biasanya sudah tidak lagi dilengkapi kick starter. Kalau pun ada, mereka lebih memilih menggunakan electric starter untuk menghidupkan mesin. Tapi ada hal yang perlu Anda ketahui, yaitu jika kick starter jarang digunakan, maka akan mengakibatkan gangguan, bahkan dampaknya bisa fatal loh.

Wahana Motor melalui keterangan resminya memberikan informasi komponen pada motor yang akan terganggu, jika kick starter lama tidak digunakan.

Baca Juga: Kick Starter Alot? Coba Cek Bagian Ini

Pertama yang akan mendapatkan masalah jika kick starter tidak digunakan adalah cepat tekornya aki. Karena penggunaan electric starter secara terus menerus akan menghabiskan energi aki. Nah jika aki tekor, komponen yang berkaitan dengan listrik tentu tidak akan berfungsi, seperti lampu sein, klakson dan lampu depan yang menjadi redup.

Electric starter
Electric starter jadi kelengkapan standar, tapi jangan lupakan kick starter

Bagian lain yang terkena dampak adalah standar dua (tengah). Untuk pengguna motor matic, tentunya jika tidak menggunakan kick starter, standar dua tidak akan pernah dipasang.

Lamanya standar dua tidak dipasang akan membuat kerak kotoran yang menempel. Karena letaknya tepat di bawah, maka standar tersebut akan ditempeli kotoran-kotoran dan makin sulit digunakan.

Hal yang paling fatal menurut Wahana Motor adalah risiko mesin jebol. Walau tidak secara langsung berhubungan dengan kick starter, namun standar tengah yang menempel ke blok mesin bagian bawah akan menempel. Dan saat standar tersebut akan dibuka, dipastikan macet dan berakibat pada blok mesin.

Baca juga: Untuk Para Boncenger, Perhatikan Ini Supaya Aman Di Jalan

kick starter standar dua
Jarang menggunkan kick starter standar dua akan macet

Untuk itu, pemilik motor berlaku untuk semua jenis baik matic bebek dan sport untuk selalu sering menggunakan kick starter dan menggunakan standar dua. Sebisa mungkin kick starter harus digunakan, minimal di pagi hari saat memanaskan motor.

Baca Juga: Kick Starter Motor Matic Macet? Coba Atasi Dengan Cara Ini

Nah bagi Anda yang memiliki motor yang tidak dilengkapi dengan standar tengah, sebaiknya sering-sering untuk menggunakan standar dua. Agar kotoran yang menempel dan per yang ada di standar tersebut tetap bisa berfungsi.